Meskipun Molor , Ujian CAT Petugas Haji Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto – Kementerian Agama RI menggelar ujian Computer Assisted Tes (CAT) rekrutmen calon petugas  PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H/ 2023 M di lingkungan Kantor Kementerian Agama kabupaten / kota se Indonesia secara serentak. Sedangkan pelaksanaan CAT  tingkat kabupaten Banyumas diadakan di aula Al Ikhlas Kantor Kemenag Banyumas . Rabu (25/01)

Rekrutmenn calon petugas PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H/ 2023 M diadakan dengan maksud untuk mendapatkan petugas penyelenggara ibadah haji yang profesional dan kompeten. Sesuai dengan surat Dirjen PHU Nomor 28052/DJ/Dt.II.I2/HJ.02/12/2022 tanggal 28 Desember 2022 perihal rekrutmen PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H/2023 M .

Kasi PHU selaku ketua panitia pelaksana CAT Hendro menjelaskan , untuk pelaksanaan ujian CAT di Banyumas diikuti oleh 40 peserta dari 46 pendaftar, tiga orang tidak melengkapi berkas dan tiga orang gagal terverifikasi.

“ Ada enam formasi jenis tugas yang diperebutkan oleh peserta yaitu    PPIH Kloter TPHI , TPIHI , PPIH Arab Saudi Pelayanan Akomodasi, Pelayanan Konsumsi, Pelayanan Transportasi, dan Bimbingan Ibadah.” Jelas Hendro.

Formasi PPIH yaitu ketua kloter 3 formasi jumlah peserta tahap pertama 15 orang dan seleksi tahap kedua 6 orang, Pembimbing ibadah kloter 3 formasi, peserta tahap pertama 8 orang dan seleksi tahap kedua 6 orang. Pelayanan Akomodasi (Kanwil) formasi 8 jumlah peserta tahap pertama 7 orang dan seleksi tahap kedua 7. Pelayanan Konsumsi (Kanwil) formasi 5 jumlah peserta tahap pertama 4 dan seleksi tahap kedua 4 orang. Pelayanan Transportasi (Kanwil) formasi 3 jumlah peserta tahap pertama 3 dan seleksi tahap kedua 3. Pelayanan Ibadah (Kanwil) formasi 1 , jumlah peserta tahap pertama 3 dan seleksi tahap kedua 2 orang. Total jumlah peserta tahap pertama 40 orang dan tahap kedua 28 orang.

Naufal Iskandar selaku panitia pengawas ujian CAT menyampaikan bahwa selama mengikuti tes CAT  peserta harus mengikuti tata tertib sebagai calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter , peserta wajib hadir 30 menit sebelum acara dan mengisi daftar hadir, peserta mengerjakan CAT dengan menggunakan HP android, waktu seleksi CAT maksimal 90 menit, tidak boleh menggunakan laptop, tidak boleh menggunakan Hp tambahan, dilarang membuka aplikasi lain selain CAT, tidak boleh bertanya ke peserta lain.

“ Alhamdulillah pelaksanaan tes CAT ini berjalan lancar meskipun molor dan ada kendala teknis  , dimana peserta untuk login ke server  agak susah dan harus login beberapa kali, mudah – mudahan bisa lolos seleksi.” Tutur Umi Indasyah, salah satu peserta tes .(yud/rf)