Monitoring Halal, Kankemenag Bersama Penyelenggara Syariah Kunjungi RPA Penerima Sertifikat Halal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Rumah Pemotongan Ayam (RPA) “ Chiken Hunter” yang terletak di Jumantono Karanganyar mendapat kunjungan tim dari Seksi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar pada 19 Januari 2023. Kegiatan dalam rangka pemantauan dan pembinaan produk halal serta pencegahan beredarnya produk tidak halal khususnya ayam ini dilaksanakan berdasarkan program kerja Seksi Penyelenggara Syariah Tahun 2022.

Tim yang berjumlah 6 orang ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Karanganyar, Wiharso , Penyelenggara Syariah, Dewi Supriyanti, dan Tim halal Kemenag Karanganyar disambut langsung oleh pemilik RPA Chiken Hunter, Sujarno. Monitoring tersebut dilaksanakan dalam rangka melihat secara langsung Rumah Pemotongan Ayam yang sudah menerima Sertifikat Halal. RPA Chicken Hunter adalah salah satu RPA di Kabupaten Karanganyar yang telah mengurus sertifikat halal dan sertifikatnya sudah terbit pada Bulan Desember 2022.

Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso menyampaikan apresiasinya kepada bapak Sujarno selaku pemilik RPA yang sudah bersedia mengurus Sertifikat Halalnya.

“Suatu prestasi yang luar biasa dimana belum semua Rumah Pemotongan Ayam di Karanganyar sadar untuk mengurus sertifikat halal. Pengurusan sertifikat halal ini merupakan kewajiban bagi semua pelaku usaha terutama makanan dan minuman,“ jelas Wiharso.

“Terlebih pemotongan ayam dimana pemotongan ayam ini merupakan muara dari semua jenis makanan yang beredar. Semua rumah makan tidak akan lepas dari bahan dasar ayam, terlebih snack dan kue pasti sebagian besar berbahan dasar ayam. Pesan saya pemilik usaha selalu menjaga kebersihan dan memperhatikan syariat Islam dalam proses penyembelihan. Kecuali itu mutu produk juga harus diperhatikan supaya usahanya RPA lebih berkembang dan sukses ke depannya,“ lanjutnya.

Sujarno menjelaskan bahwa RPA Chicken Hunter setelah mendapatkan sertifikat halal, RPA ini kemudian dapat memasukkan produknya ke resto2 terkenal di Kabupaten Karanganyar seperti telaga Kusuma dan SFA.

“Saya sangat berterima kasih kepada Kantor Kemenag Karanganyar, Dalam pengurusan sertifikat halal, chicken Hunter didampingi oleh satgas halal Kab. Karanganyar dan diperiksa oleh LPH LPPOM MUI,“ jelasnya.(Ida/Sua)