Pemeriksaan Hb Deteksi Dini Anemia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Menindaklanjuti program pembagian tablet penambah darah pada siswi MAN Kendal, Puskesmas Kendal 1 mengadakan pemeriksaan kadar Hemoglobin (Hb) terhadap siswi kelas X, Senin (9/1).

Pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri berperan serta dalam peningkatan gizi remaja terutama zat besi untuk meminimalisir potensi anemia yang berakibat terhadap kesehatan dan prestasi di sekolah, pemberian tablet tambah darah juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu.

“Kedatangan kami kesini merupakan tindak lanjut program sebelumnya terkait pembagian tablet tambah darah untuk siswi madrasah,” tutur Kaswadi, salah satu pegawai Puskesmas Kendal 1.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena anak-anak sekarang cenderung tidak begitu memperhatikan pola makan maupun tidur/istirahat mereka, sedangkan hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan. Remaja putri ( rematri ) rentan menderita anemia karena banyak kehilangan darah pada saat menstruasi, rematri yang memasuki masa pubertas mengalami pertumbuhan pesat sehingga kebutuhan zat besi juga meningkat serta diet yang kadang keliru di kalangan rematri. Perlu diketahui, anemia pada remaja usia sekolah menyebabkan susah konsentrasi, gampang lupa dan kemampuan berpikir menurun. Kondisi ini bisa memengaruhi prestasi atau produktivitas belajar di sekolah.

“Dilihat dari data sementara yang diperoleh dari siswi MAN Selatan, sebagian besar anak mengalami anemia dengan stadium sedang. Artinya, masih banyak siswi kelas X yang kadar hemoglobinnya di bawah batas normal,” papar Kaswadi.

Lebih lanjut Kaswadi menghimbau anak-anak untuk menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan secara rutin meminum tablet tambah darah yang sudah diberikan. Diharapkan, program ini dapat membantu pelajar MAN Kendal, utamanya para siswi untuk lebih peduli akan kesehatannya sedini mungkin. (MAN/bel/rf)