Persiapan Adiwiyata Provinsi, MIN 1 Kendal Lakukan Studi Banding

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – MIN 1 Kendal melakukan Studi Banding ke MIN 1 Kab. Semarang yang bertempat di Kec. Ambarawa Kab. Semarang, Sabtu (14/1). Kunjungan itu dilakukan oleh MIN 1 Kendal untuk mempersiapkan diri maju sebagai Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP). Karena itu, madrasah yang menjadi terbaik 1 Sekolah Adiwiyata Kendal tahun 2021 mengunjungi MIN 1 Semarang yang pada Desember lalu dinobatkan menjadi terbaik 1 Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah.

Ada 18 orang yang mewakili MIN 1 Kendal, mereka terdiri dari Kepala MIN 1 Kendal, Ketua TIM Adiwiyata, beserta kordinator dari masing-masing Pokja Adiwiyata. Rombongan berangkat dari Kendal pukul 08.00 WIB dan sampai lokasi sekitar pukul 10.00 WIB.

Sesampainya di MIN 1 Semarang, rombongan MIN 1 Kendal disambut oleh Kepala MIN 1 Semarang, Emy Ratnawati, beserta segenap dewan guru. Mereka lalu disuguhi penampilan siswa Kelas 1 yang menarikan Tari Bungong Joempa. Rombongan juga menikmati camilan hasil karya MIN 1 Semarang yang turut mengantarkan mereka menjuarai adiwiyata tingkat provinsi.

Emy mengaku sangat bangga sudah didatangi rombongan dari MIN 1 Kendal. Ia dengan rendah hati mengatakan bahwa raihan juara 1 adiwiyata provinsi hanyalah bonus. Yang paling penting baginya adalah proses mereka dalam membina siswa untuk selalu peduli lingkungan.

Dirinya memaparkan kunci suksesnya yang diraih MIN 1 Semarang tersebut merupakan buah atas kerja sama yang baik antara pihak sekolah, para siswa, paguyuban wali murid, serta pihak DLH Kab. Semarang yang pro aktif mengawal.

“Kami pun mendapat kado di akhir tahun 2022 kemarin dengan menjadi terbaik satu adiwiyata tingkat provinsi Jawa Tengah,” tutur Emi.

Adapun Subiyono, Kepala MIN 1 Kendal berterima kasih atas sambutan hangat dari MIN 1 Semarang. Ia juga minta maaf apabila telah menyita waktu keluarga MIN 1 Semarang dalam menerima kedatangan rombongan MIN 1 Kendal. Ia lalu mengutarakan keinginannya untuk belajar kepada MIN 1 Semarang.

“Modal kami hanyalah kemauan, lalu dipompa dengan hadir ke sini. Semoga nanti kami bisa menyusul MIN 1 Semarang menjadi terbaik satu Adiwiyata Provinsi,” harap Subiyono. (Zuha/bel/rf)