Rakor, Selaraskan Sikap Dalam Realisasikan Anggaran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Dalam rangka percepatan realisasi anggaran, Kankemenag Kota Semarang menggelar Rakor Penyusunan Program Kerja dan Pelaksanaan Anggaran TA 2023, di aula setempat, Selasa (31/1/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi, Gara, Kepala MIN Kota Semarang, bendahara MAN, penanggungjawab pengelola keuangan, pelaksana anggaran, perencana, dan pejabat pengadaan di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, sejumlah 30 orang.

Dalam laporannya, Kasubbag TU selaku satker penyelenggara melaporkan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan.

Pada kesempatan itu, Kakankemenag Kota Semarang selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Mukhlis Abdillah, berharap melalui forum tersebut mampu menguatkan soliditas seluruh komponen yang terkait dengan pelaksanaan anggaran TA 2023. “Rakor ini dilaksanakan rutin setiap tahun, tetapi tak hanya sekedar untuk merealisasikan anggaran, kami berharap melalalui rakor diperoleh sudut pandang yang sama, kesepakatan bersama untuk melakukan percepatan realisasi anggaran tahun 2023. Duduk bersama untuk menetapkan target realisasi dan strategi yang dijalankan guna pencapaian tersebut,” tuturnya.

“Hasil rakor harus segera ditindaklanjuti oleh pengelola keuangan dan pelaksana anggaran dengan sikap yang selaras,” imbuhnya.

Ia juga berpesan, melalui rakor dilakukan identifikasi kegiatan apa saja yang memungkinkan atau rasional dilakukan percepatan, sehingga target realisasi sebesar 70 % pada bulan Juli sebagaimana kesepakat bersama di lingkungan Kemenag bisa terwujud.

Hal ini pun turut ditandaskan oleh Kasubbag TU, yang mengimbau percepatan pengadaan belanja modal akun 53 di awal tahun 2023.

Di akhir pengarahannya, Mukhlis Abdillah mengingatkan pentingnya pembuatan laporan pertanggungjawaban setelah melaksanakan kegiatan dan juga tertib administrasi inventarisasi BMN.

Kegiatan dilanjutkan dengan ulasan sekilas tentang TKDN oleh PPK dan Pejabat Pengadaan, IKPA oleh Perencana, serta pemaparan program kerja, time schedule dan RPD oleh masing-masing unit kerja.

Kegiatan tersebut berjalan dengan sukses dan lancar dalam panduan Oktanto Adi Murtono, Perencana Kankemenag Kota Semarang.(NBA/bd)