Saresehan ke 345 Brebes, Kearifan Lokal dan Agama Modal Pembangunan Berkelanjutan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – pada hari jadi Kabupaten Brebes yang ke 345 tahun 2023, Kepala Kantor Kementerian Agama dan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren menghadiri acara saresehan yang merupakan rangkaian acara Hari jadi Brebes bertempat di pendopo kab. Brebes pada Selasa, (17/1/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Brebes, Uri Syihabudin dalam sambuta tertulis yang dibacakan sekda Brebes Djoko Gunawan menjelaskan, saresehan bukan hanya bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten  Brebes saja. Lebih dari itu acara ini dapat merefleksi serta memproyeksikan selama 345 tahun kabuoaten Brebes berdiri. Apa saja yang telah kita lakukan dan rencana apa yamg akan diwujudkan  sesuai tujuan bersama untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Saresehan didahului dengan istiqhozah dan Doa Bersama yang dipimpin oleh tokoh ulama Brebes diantaranya KH. Saefudin Mahmud dan KH. Dirjo Abdul Hadi

Pada kesematan tersebut H. Akrom Jangka Daosat selaku Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Brebes serta Intelektual muda Brebes  di daulat sebagai nara sumber untuk menghantarkan materi  memahami kearifan local relasi agama dan budaya bagi kemajuan  dan kesejahteran Masyarakat

Mengingat materi tersebut relevan dengan apa yang sedang diikhtiarkan pemda Brebes dalam mencari solusi atas permasalan yang mendera Kab. Brebes serta bagaimana menjaga kondusifitas dan keamanan serta ketertiban dalam masyarakat yang merupakan salah satu  modal dasar dalam pembangunan yang berkelanjutan.

“Brebes dengan persentase penduduk muslim terbesar adalah wajah islam yang berbeda. Di mana umat islam di Brebes di kenal ramah, santun, moderat dan sangat toleran. Perbedaan bukan menjadi alasan untuk tidak hidup rukun. Adapun dalam hal praktek keagamaan: umat Islam di khususnya di Brebes sangat moderat dan toleran”. jelas pria yang meraih gelar doktor Sosiologi Islam dari UIN Walisongo Semarang.

Tampak Hadir dalam kegiatan saresehan tersebut seluruh Kepala OPD dan pimpinan lembaga vertikal yang ada di Brebes, Kapolres dan Dandim Brebes, anggota DPRD Brebes serta undangan lainya.(hid/Sua)