Seleksi Tahap I Rekruitmen Petugas Haji Kemenag Klaten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten-Kementerian Agama berkomitmen secara profesional dan terbuka dalam pelaksanaan rekruitmen petugas haji tahun 2023, berupaya menjaring petugas haji yang berintegritas berkualitas melayani sepenuh hati untuk mendampingi jamaah haji melaksanakan ibadahnya dengan penuh tanggung jawab.

Hal tersebut disampaikan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Klaten Faizatul Umma saat membuka Seleksi CAT Tahap I yang rekruitmen petugas penyelenggaraan ibadah haji PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi yang bertempat di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten yang diikuti 37 peserta, Rabu (25/1).

Rekruitmen ini bertujuan untuk mendapatkan petugas haji yang profesional, maka diperlukan persiapan yang maksimal, calon petugas haji bertugas melayani jamaah haji Indonesia di embarkasi tanah air, selama di Arab Saudi, dan ketika kembali lagi ke tanah air, katanya.

“Melalui seleksi petugas haji ini nantinya diharapkan akan terpilih petugas haji yang handal, berkualitas, bertanggung jawab, profesional dan berintegitas dalam melayani jamaah,” tandasnya.

Untuk itulah rekruitmen calon petugas dilakukan secara kompetitif dan hasil kelulusannya didasarkan pada hasil tes seleksi secara CAT (Computer Assisted Test) berbasis android yang diselenggarakan di Kemenag Kabupaten Klaten, yang lolos Tahap I akan dikirim untuk mengikuti tahap tes selanjutnya di Kanwil Jawa Tengah, jelasnya.

“Seleksi petugas haji harus transparan, melalui seleksi administrasi, tes secara CAT, murni tanpa adanya rekayasa, ungkap Faizatul.

Ini diharapkan mendapatkan petugas haji yang benar-benar melayani sepenuh hati pada jamaah, mengingat kuota haji setelah pandemi akan kembali normal.

Peserta yang nantinya dinyatakan lulus dalam CAT di Kabupaten agar mempersiapkan diri untuk tahapan selanjutnya di Kanwil Jawa Tengah. Bagi peserta yang belum lolos, jangan berkecil hati karena tahun depan masih ada kesempatan dan mempersiapkan sebaik mungkin, imbuhnya.(aj/rf)