Badko LPQ Kecamatan Pecalungan Selengarakan Ujian Bersama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) Kecamatan Pecalungan baru-baru ini menggelar kegiatan ujian bersama santri se Kecamatan Pecalungan pada Minggu (19/2/)yang lalu di TPQ Al Itqon Pecalungan.

Ketua Badko TPQ Kecamatan Pecalungan Ali Khomsah, dalam keterangannya mengatakan bahwa pelaksanaan ujian bersama yang diikuti oleh 146 santri dari 23 TPQ dan berjalan dengan lancar dan tertib

“ Alhamdulillah tahun ini peserta ujian jumlahnya meningkat dari tahun kemarin, berarti antusiasme peserta cukup tinggi,” kata Ali Khomsah.

Sementara itu Fajria sebagai salah satu tim penguji mengatakan bahwa materi ujian tahun ini menyesuaikan dengan standar ujian bersama dari Badko Provinsi Jawa tengah,

“ Yang diujikan kali ini sebagaimana standar yang ditetapkan oleh bajdo provinsi Jawa Tengah meliputi tes baca alqur’an meliputi, fashohah, tajwid, adab dan ghorib serta hafalan doa harian, hafalan surat pendek, praktik wudhu dan praktik salat,” jelas Fajria.

Salah satu peserta ujian bersama, Sri Ernawati dari TPQ Nurul Falah desa Selokarto Kecamatan Pecalungan merasa bangga akhirnya bisa menyelesaikan jenjang pendidikan di TPQ dengan mengikuti ujian bersama.

“Alhamdulillah semua soal dan praktik dapat saya selesaikan, mudah-mudahan lulus dengan predikat terbaik dan selanjutnya akan meneruskan ke jenjang madrasah diniyah,” katanya.

Secara terpisah, Maskur Ketua Badko LPQ Kabupaten Batang sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh badko LPQ Kecamatan Pecalungan.

“ Pada bulan Pebruari ini yang telah menyelenggarakan ujian bersama adalah badko LPQ Kecamatan Wonotunggal, kecamatan Gringsing dan LPQ Kecamatan Pecalungan,” kata Maskur.

Dia juga menuturkan bila seluruh kecamatan telah melaksanakan ujin, maka tahun depan pihaknya akan menyelenggarakan ujian dan wisuda bersama ditingkat kabupaten.

“ Insyaallah tahun depan badko LPQ Kabupaten Batang akan menyelenggarakan ujian bersama dan wisuda bersama di tingkat Kabupaten Batang,” serunya. ( Maskur/Zy_humas/rf )