081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Ketua Forum Kabid PAI se-Indonesia Imam Buchori, Sampaikan Berbagai Agenda pada Rakor PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Bandung (PAIS) – Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tahun 2023. Dihadiri seluruh Kabid PAI/PAKIS/Pendis Kanwil Kemenag dan operator SIAGA se-Indonesia. Pelaksanaan di Hotel Holiday In Bandung Pasteur, Jawa Barat sejak tanggal 23 – 25 Februari 2023.

Pada saat pembukaan, Dirjen Pendidikan Islam, M. Ali Ramdani berpesan agar kegiatan ini menjadi aktivitas yang dapat menganalisis dinamika terbaik pendidikan agama Islam dengan memanfaatkan sumberdaya secara optimal.

“Rakor ini pada dasarnya sebuah aktivitas untuk mencoba menangkap berbagai tantangan, hambatan, ancaman peluang dengan berbasis pada kekuatan kita. Menganalisis kekuatan dan kelemahan untuk kemudian melakukan ikhtiar mengoptimalkan setiap sumberdaya agar penyelenggaraan PAI di sekolah maupun perguruan tinggi ini dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Adapun Direktur PAI, Amrullah memaparkan berbagai capaian Direktorat PAI Tahun 2022 dan harapan dari terselenggaranya acara Rakor PAI.

“Ini harusnya bisa menghasilkan beberapa rekomendasi yang tentu akan menjadi pijakan bagi pelaksanaan kegiatan di Direktorat PAI,” harap Amrullah.

Amrullah juga berharap bahwa Pendidikan Agama Islam diarahkan pada aksesibiltas yang supaya mampu dirasakan oleh semua pihak.

“Artinya bahwa PAI harus dirasakan oleh semua pihak tanpa terkecuali,” paparnya.

Imam Buchori, Kepala Bidang (Kabid) PAI Kanwil Kemenag Prov. Jateng, selaku Ketua Forum Kabid PAI se-Indonesia menyampaikan berbagai agenda pembahasan dalam rapat tersebut.

“Pada kegiatan ini, saya ingin sampaikan bagaimana mengusung berbagai program PAI yang coba kita disinergikan antara pusat dan daerah,” jelas Imam Buchori.

Agenda pembahasan dalam rapat tersebut diantaranya; Capaian PAI 2022 dan Outlook PAI Tahun 2023, Pembayaran Tunjangan Profesi Guru PPPK PAI yang diangkat dari Pemprov/Pemkot/Pemkab, Peluang dan Urgensi Review Capaian Pembelajaran PAI dalam Konteks Kurikulum Merdeka, Membangun Sinergi Pemda dan Kemenag dalam Pengembangan Pendidikan Agama, Sosialisasi Juknis US PAI, Sosialisasi Pelaksanaan PPKB GPAI, Pengembangan Kurikulum PAI, Penyelenggaraan Event Nasional PAI (Pentas & Gebyar PAI), Sosialisasi Juknis Tunjangan Profesi Guru, Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru 2023, Sosialisasi PAK, Regulasi Guru PAI TK dan Pengawas PAI, Desain Tindak lanjut PPKB, Pengembangan Fitur Baru dan Tutorial SIAGA, Mekanisme Pengajuan Insentif GPAI BPNS & BPPPK melalui SIAGA, Tunjangan Profesi Guru, Integrasi PPKB dengan SIAGA, Cut off Data terakhir Guru PAI, Strategi Kebijakan dan Implementasi Komunikasi Moderasi Beragama, Penyusunan Best Practice Peningkatan Mutu PAI, Peta Anggaran Pendidikan Islam.

Kabid PAI Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang hadir bersama Moch. Andilala dan Hilman Atho sebagai operator SIAGA, hadir mengikuti kegiatan tersebut hingga 2 hari kedepan.(Dsr/Sua)