081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

KKG PAB Kota Semarang Akan Gelar Sippa Dhamma Samajja 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang –  Rachmad Pamudji selaku Kepala Subbag Tata Usaha mewakili Kepala Kantor, menyerahkan SK Pengurus KKG Pendidikan Agama Buddha (PAB) Kota Semarang Periode 2021-2025, yang dilaksanakan Gedung PLHUT Kankemenag Kota Semarang 8/2/’23.

Sk diserahkan kepada Ketua KKG PAB Kota Semarang, Bela Raeska Widodo Bodhi Ratono, dan turut disaksikan oleh perwakilan staf Subbag Tata Usaha.

Dalam sambutannya, Daryono, Guru Agama Buddha mewakili Pengurus KKG PAB Kota Semarang, menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan Kemenag kepada Guru Agama Buddha di Kota Semarang. “Dengan ditetapkannya secara resmi KKG PAB Kota Semarang, kami selaku Guru Agama Buddha memiliki kesempatan untuk lebih mengembangkan diri, meningkatkan kompetensi, dan juga menunjukkan eksistensi kami di masyarakat,” tuturnya.

“Perlu kami sampaikan Bapak, dengan terbentuknya KKG PAB Kota Semarang ini, Kanwil Kemenag Prov. Jateng juga memberikan dukungan berupa alokasi anggaran untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan agama Buddha, baik tingkat Kota, provinsi bahkan nasional. Jadi SK Penetapan Pengurus KKG PAB ini sangat banyak manfaatnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Daryono melaporkan prograk kerja KKG yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yaitu gelaran kompetisi pendidikan agama Budhha bagi siswa SD,SMP, SMA/K tingkat Kota Semarang. “April nanti kami akan menyelenggarakan kegiatan Sippa Dhamma Samajja, yang diperuntukkan bagi siswa agama Budhha dari SD, SMP, dan SMA/K se-Kota Semarang. Juara lomba akan mewakili Kota Semarang untuk maju ke tingkat Provinsi,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ada 6 cabang yang dipertandingkan dalam Sippa Dhamma Samajja yaitu, Dhamma Gita (menyanyi lagu rohani Buddha), Dhammavijja (cerdas cermat), Dhamma Vikata (cerita bergambar), Dhammapada (membaca syair), Dhammakatha (pidato Buddhis), dan Dhammakkhayika (nercerita Buddhis).

Daryono menyampaikan harapan, juara lomba nantinya bisa mendapatkan piagam penghargaan dari Kemenag Kota Semarang. “Jika berkenan, kami mohon para juara ini nantinya bisa mendapatkan piagam penghargaan atau sertifikat dari Kemenag Kota Semarang, sehingga menambah semangat peserta kegiatan karena bisa bermanfaat bagi para siswa sebagai poin tambahan dalam PPDB,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap gelaran Sippa Dhamma Samajja tingkat Kota Semarang, bisa rutin digelar setiap tahun.

Ia pun memohon dukungan dari Kemenag Kota Semarang. “Kami mohon support, arahan dan bimbinggannya untuk meningkatkan kinerja KKG PAB Kota Semarang, khususnya terkait Sippa Dhamma Samajja tahun ini,” tandasnya.

Kasubbag TU menyambut baik laporan Daryono, dan menuturkan akan selalu mendukung program-program yang diagendakan oleh KKG PAB Kota Semarang.

Ia berpesan agar KKG PAB selalu menjaga sinergitas dengan Kemenag Kota Semarang.(NBA/bd)