LPQ Se-Kota Magelang Lakukan Updating EMIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Magelang hari ini berikan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis pemutakhiran data Education Management Information System (EMIS) dan BOP untuk Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ) Se-Kota Magelang di kelas laboratorium Bahasa MAN Kota Magelang, Selasa (20/2).

Saat membuka acara, Kepala Kankemenag Kota Magelang menghimbau agara seluruh LPQ yang ada di Kota Magelang memfokuskan diri pada sistem digital yang kini tengah dikembangkan oleh kementerian agama.

“Hampir setiap layanan dari kementerian agama kini menggunakan aplikasi. Dampaknya, kita semua harus mampu memanfaatkan teknologi informatika untuk mengembangkan aktifitas lembaga,”

“Kini Emis menjadi data penting yang digunakan sebagai ukuran kinerja. Data dalam Emis akan digunakan sebagai acuan untuk mengambil kebijakan, salah satunya adalah untuk menentukan bisa tidaknya memperoleh bantuan,” imbuh Sofia.

Sementara itu Kasi Kemanag Kota Magelang menyampaikan bahwa EMIS meruoakan sajian data yang menjadi dasar kebijakan penyusunan anggaran, pemberian bantuan dan sejumlah kepentingan lainnya, sehingga perlu dilakukan pemutakhiran secara berkala.

“Kami berharap agar seluruh peserta fokus dalam mengikuti bimtek ini, sehingga dapat diaplikasikan di LPQ masing-masing. Jangan sungkan untuk bertanya jika memang belum mengerti,” tegas Fathurrohim.

“Setiap LPQ wajib melakukan update data Emis. Dengan updating, berarti menunjukkan bahwa LPQ yang dikelola masih aktif,” lanjutnya.

Dengan dipandu oleh staf Seksi Pakis, Bimtek dilanjutkan dengan praktek updating EMIS dan tanya jawab seputar masalah atau kendala yang dihadapi peserta saat melakukan updating.

Sebelum acara usai, para peserta juga meluangkan diri untuk sharing pengalaman dan berdiskusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi dalam pengembangan LPQ. Diharapkan hal ini menambah pengayaan dan semangat dalam mereka memajukan LPQ. (Hari/rf).