Momen Isra Mi’raj Penyuluh Agama Islam Gelar Pelatihan Salat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Siswa-siswi SMK ma’arif NU Pecalungan, mendapatkan pelatihan salat berupa teori dan Praktik dari Penyuluh Agama Islam KUA  Pecalungan. Pelatihan salat ini dilaksanakan pada hari Senin, (20/02) yang lalu bertempat di Aula SMK.

Pelatihan dimulai dengan penjelasan tentang pengertian dan makna salat, sejarah turunya perintah salat, syarat sah salat, rukun salat, sunah salat sampai pada praktik tata cara salat sesuai yang diajarkan oleh Rasululloh SAW, berdasarkann dari Alqur’an, hadits, ijma dan qiyas.

Penyuluh Agama Islam fungsional kecamatan Pecalungan Maskur mengharapkan di sekolah/madrasah para siswanya dapat melaksanakan ibadah salat lebih benar dan mantab, karena sudah di dasari tentang tata cara salat yang benar.

“Program ini selalu kami jalankan setiap memperingati Isro Mi’roj, dengan cara menggelar pelatihan sholat ke beberapa sekolah/madrasah di Kecamatan Pecalungan, dengan tujuan agar siswa-siswi lebih hati-hati dalam memenuhi syarat, rukun, sunnah, gerakan, dan bacaan salat,” kata Maskur.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah kegiatan di SMK Ma’arif NU Pecalungan, pelatihan salat akan dilanjutkan di SMP Negeri 1 Pecalungan dan MTs NU 01 Pecalungan.

Sementara itu, salah satu siswa yang ikut pelatihan, Ahmad Dzikron, mengaku senang dengan pelatihan itu. Ia mengaku selama ini mengerjakan salat hanya sebatas formalitas atau menggugurkan kewajiban saja, tanpa mengetahui tentang dasar-dasar keilmuan.

“Setelah saya ikut pelatihan ini, banyak ilmu yang saya dapatkan. Saya akan mencoba mempraktikkan bacaan, gerakan maupun makna salat yang diajarkan di pelatihan agar salatnya lebih berkualitas,” katanya.

Secara terpisah, kepala KUA Kecamatan Pecalungan, Muhtarom menyampaikan apresiasi atas program pelatihan salat yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam di sekolah/madrasah di Kecamatan Pecalungan.

“saya  mengapresiasi kegiatan seperti ini dan sangat bermanfaat untuk bekal para siswa agar ibadah salat jadi lebih sempurna, jika salatnya sempurna maka akan diharapkan berimbas kepada tingkah laku sehari-sehari akan menjadi lebih berakhlak,” kata Muhtarom.

Wakil kepala SMK Ma’arif NU Pecalungan Beni Kamalia, menyampaikan terimakasih atas terlaksananaya pelatihan salat di SMK ma’arif NU Pecalungan.

“Alhamdulillah Penyuluh Agama Islam sebagai nara sumber tidak hanya menyampaikan teori saja, melainkan mempraktikkan langsung bagaimana cara memperbaiki bacaan dalam salat dan bagaimana mempraktikkan gerakan-gerakan sempurna dalam sholat, sehingga peserta mencapai pemahaman yang baik,” kata Beni Kamalia. ( maskur/Zy_humas/rf )