Pencak Silat Menjadi Salah Satu Pilihan Ekstrakurikuler Favorit di MAN Kota Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Selain kegiatan belajar mengajar secara setiap madrasah mempunyai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi suatu wadah penting dalam mengembangkan potensi, bakat dan minat peserta didik serta menjadi sarana untuk memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.

Pencak Silat menjadi salah satu pilihan ekstrakurikuler bagi siswa Madarasah Aliyah Negeri Kota Magelang. Seni neladiri asli Nusantara ini lebih digemari daripada lainnya, termasuk para siswinya.

Cabang olahraga Pencak Silat menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh siswa MAN Kota MAgelang. Dari hasil pengamatan tersebut, selanjutnya pihak madrasah memfasilitasinya dengan melatih duakali dalam setiap minggunya.

Ditemui saat berikan pelatihan, Hisyam Supriyanto guru olehraga sekaligus pelatih pencaksilat MAN Kota Magelang menyatakan menyambut baik cabang beladiri ini dijadikan sebagai satu pilihan ekstrakurikuler.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami selaku penyelenggara pendidikan untuk mengarahkan, memfasilitasi bakat dan minat peserta didik di MAN Kota Magelang,” ujar Hisyam.

“Kebetulan saya mencintai dan pernah berlatih beladiri Pencak Silat. Selain melestarikan warisan budaya nenek moyang kita, pencak silat juga melatih untuk melindungi diri dan melatih fisik agar tetap bugar. Gerakan-gerakan pada pencak silat juga secara tidak langsung melatih psikologis agara kita tetap tenang dalam menghadapi segala hal,” terangnya kemudian.

Seperti diketahui, Beladiri Pencak Silat merupakan olahraga yang secara resmi sebagai cabang olahraga internasional yang merupakan produk original dari Indonesia. Selain untuk bela diri Pencak Silat juga terbukti menjadi salah satu cara paling jitu untuk menjaga kebugaran dan Kesehatan tubuh. (Hari/rf).