Seksi PAKIS Kankemenag Kota Magelang Gelar Rakor KKG PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) pada Kantor Kementerian Agama Kota Magelang  mengadakan rapat koordinasi di Aula kantor untuk mereview program kerja tahun 2023 yang telah di rencanakan, (Jum’at, 3/2).

Sebelum acara dimulai,  Kepala Seksi PAKIS H. Fathurrohim melaporkan bahwa rakor yang dilangsungkannya siang ini merupakan tindak lanjut dari berkembangnya informasi mengenai program kerja dari Kanwil Kemenag Jateng yang baru saja didapatkannya. Sehingga perlu penyelarasan terhadap program kerja yang telah sebelumnya direncanakan.

“Selain program kerja tahun 2023 sebagaimana telah kita tentukan diwaktu sebelumnya, pengurus KKG PAI juga harus merencanakan penyusunan soal ujian mapel PAI yang kisi-kisinya masih kita tunggu dari Kanwil Kemenag Provinsi Jateng. Dan juga, akan kita bahas pula mengenai pelaksanaan Workshop IKM, Penyusunan modul PAI & BTQ, serta gelaran MAPSI,” terang Fathurrohim.

Rakor yang dihadiri oleh pengurus KKG PAI dan Pengawas PAI ini berlangsung interktif dan konstruktif. Peserta rakor menyampaikan evaluasi, dan juga gagasan-gagasan segar agar kedepan program kerja KKG PAI dapat terlaksana dengan lebih berkualitas.

Pihaknya menjelaskan pentingnya kegiatan rapat koordinasi tersebut dalam rangka mengevaluasi program kerja Seksi Pendidikan Agama Islam tahun 2022 untuk peningkatan pelayanan di tahun 2023.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Kepala Kankemenag Kota Magelang dalam arahannya  menegaskan pentingnya profesionalitas dalam melaksanakan tugas.

“Tugas guru PAI tidaklah semakin meringan, namun justru sebaliknya. Guru PAI tidak hanya dituntut untuk profesional ketika mengajar di kelas saja, namun kini banyak tugas tambahan yang menambah tanggungjawanya,” tandas Sofia Nur.

“Selain harus menguasai teknologi informatika untuk mendukung tugas dan fungsinya, guru PAI juga wajib berpartisipasi aktif sesuai bidang tugasnya dalam penguatan moderasi beragama di lembaga pendidikan sekolah umum. Setiap guru PAI berperansebagai duta moderasi beragama di sekolah masing-masing,” lanjut Sofia.

Oorganisasi seperti KKG PAI adalah wadah untuk mengayomi guru, tempat bertukar pikiran, berbagi ilmu, serta saling menyemangati demi meningkatkan kemajuan guru PAI di Kota Magelang.

Rakor ini menjadi ajang koordinasi antar guru PAI dari berbagai jenjang, dan juga sebagai wadah mengavaluasi berbagai kegiatan yang sedang dan akan dilangsungkan. Sehingga dapat memperoleh pemecahan dalam setiap kendala yang dihadapi. (Hari/rf).