Eazy Paspor Kembali Hadir untuk Jamaah Haji Kendal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Jelang musim haji, berbagai persiapan mulai dilakukan para jamaah haji yang ditetapkan berangkat tahun ini, salah satunya terkait persiapan dokumen keimigrasian. Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal berupaya memberikan kemudahan pada layanan paspor bagi calon jamaah haji melalui bekerjasama dengan Kantor Imigrasi. Jamaah tak perlu lagi jauh-jauh ke Semarang untuk melakukan biometrik paspor karena Kantor Imigrasi kembali membuka pelayanan Eazy Paspor, dilaksanakan di gedung Arofah Kaliwungu, Rabu (8/3) sekurangnya ada 250 jamaah menikmati kemudahan layanan tersebut.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kendal menyampaikan layanan Eazy paspor menjadi jawaban kepada masyarakat utamanya calon jamaah haji yang terkendala jarak dan waktu sehingga pelaksanaan dengan sistem jemput bola tersebut sangat memudahkan jamaah.

“Layanan Eazy paspor ini diberikan kepada calon jamaah haji yang ditetapkan berangkat tahun 2023 ini. Layanan ini diselenggarakan oleh Kantor imigrasi, kami mengusulkan data ke sana sehingga pelaksanaan bisa dilakukan di kabupaten tanpa jamaah harus jauh jauh ke Semarang,” jelas Nur Qoidah.

Sebelumnya, Seksi PHU sudah melakukan verifikasi dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan permohonan paspor seperti KTP, KK dan akte lahir/akta nikah/ijazah. Verifikasi ini sendiri bertujuan untuk memastikan kelengkapan dokumen jamaah haji sehingga pada saat pembuatan paspor tidak ditemui kendala yang berarti. Adapun proses layanan dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin – Rabu (6-8 Maret 2023) dengan diawali registrasi oleh permohonan paspor, kemudian verifikasi dokumen, wawancara, scanning berkas dan rekam biometrik.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal yang melakukan monitoring pelaksanaan pemasporan, menyampaikan apresiasi atas kerjasama Kantor Imigrasi yang kembali melaksanakan layanan eazy paspor untuk jamaah haji Kabupaten Kendal.

“Layanan paspor menjadi salah satu persiapan penting bagi calon jamaah haji, dengan fasiitas Eazy paspor tentu labih menghemat waktu dan biaya, meningkatkan kenyamanan masyarakat serta mengurangi resiko kesalahan data,” ungkap Ka KanKemenag Mahrus. (bel)