Gandeng Puskesmas Kebumen 3, MIN 1 Kebumen Bagikan Obat Cacing Untuk Peserta Didik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dalam rangka mendukung program pemerintah mencegah infeksi cacing pada anak usia sekolah, MIN 1 Kebumen bekerjasama dengan Puskesmas Kebumen 3 membagikan obat cacing gratis kepada seluruh peserta didik, Kamis (16/03/23).

Dikonfirmasi melalui sambungan selular oleh tim jurnalis setempat, Kepala MIN 1 Kebumen Widiastuti yang sedang mengikuti rakor di Hotel Grasia Semarang mengungkapkan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya agar anak terhindar dari penyakit cacingan.

Ia menambahkan, dengan program ini diharapkan peserta didik dapat kebal dari parasit cacing yang masuk ke dalam tubuh. “Yang jelas kita ingin agar anak – anak selalu sehat, sehingga mudah menerima pelajaran dan tidak ngantukan,” ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan beberapa literatur diketahui bahwa cacingan merupakan penyakit yang dapat menghambat tumbuh kembang anak. Hal ini dikarenakan nutrisi yang seharusnya diserap tubuh untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, dicuri oleh cacing-cacing di dalam pencernaan.

Kondisi tersebut tentu sangat merugikan dan perlu segera diatasi. Menurut para pakar kesehatan, minum obat cacing 6 bulan sekali dapat menjadi solusi penyakit cacingan.

Melansir laman Alo Dokter, Infeksi cacing yang menyerang tubuh manusia, salah satunya dari cacing pita atau taenia saginata. Cara penularannya dapat melalui makanan, air atau kontak dengan sesuatu yang tercemar telur atau larva cacing pita.

Untuk mengatasi penularan, upayakan mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, pilih sumber makanan yang baik dan olah sampai matang, pastikan prosesnya hygenis, cuci buah dan sayur sebelum diolah, dan selalu jaga kebersihan. (Dwi/fz/bd).