Harlah ke 26 MTsN 4 Demak Berlangsung Meriah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – MTs Negeri 4 Demak menggelar peringatan Hari Lahir (Harlah) pada Selasa, (21/03). H. Ali Murtandlo, selaku Kepala Madrasah menyampaikan, Kegiatan Harlah ke-26 untuk mengenal sejarah berdirinya MTsN 4 Demak beserta pada pendirinya.
“Kesempatan seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk mengenal tempat kita belajar dan menimba ilmu. Mengetahui sejarah bedirinya madrasah hebat kita, dimulai dari madrasah kecil, yang merupakan bagian dari Madrasah Karangawen, hingga mampu berdiri sendiri seperti saat ini.”
Ia juga berpesan kepada seluruh peserta, pada usia ke-26 tahun merupakan usia yang masih muda, masih dapat mengejar cita-cita madrasah, terus bergerak maju bersaing dengan madrasah lainnya. Ia lalu menceritakan sejarah madrasah yang panjang, termasuk penggantian nama dari waktu ke waktu.
Madrasah yang didirikan oleh KH. Mukhibin pada tahun 1978 awalnya bernama MTs Miftakhul Huda, lalu berganti nama menjadi MTs Fillial Semarang pada periode 1985 s/d 1990,, yang kemudian berganti lagi pada tahun 1990 s/d 1995 menjadi MTs Fillial Mranggen.
Menjelang akhir abad ke-20 tepatnya tanggal 19 Maret 1997, turunnya Surat Keputusan (SK) Menteri Agama DR. Tarmidzi Tahir, Melalui Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah meresmikan MTsN Gajah. Yang akhirnya pada tahun 2018 berganti nama menjadi MTsN 4 Demak seperti yang kita kenal saat ini.
Waka Humas Abdul Kholik dalam keteranganya juga menambahkan, rangkaian kegiatan Harlah dilaksankan selama 2 hari pada 20 s.d. 21 Maret 2023. “Pada senin 20 Maret 2023 dilaksanakan kegiatan khataman Alquran setiap kelas, kemudian berziarah ke makam pendiri MTsN 4 Demak dilanjutkan dengan tasyakuran dengan tokoh masyarakat desa Jatisono di Aula Madrasah. Puncak kegiatan harlah dilakukan pada esok hari 21 Maret 2023 dengan agenda kegiatan pemotongan tumpeng, penglepasan balon sebagai simbol harapan, jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga madrasah dan SD/MI yang berada di kecamatan Gajah.”
Selain itu terdapat Lomba yang sangat populer yaitu lomba E-Sport Mobile Legend yang diikuti oleh siswa MTsN 4 Demak dan peserta dari SD/MI. Uniknya pada turnamen tersebut peserta harus lulus tantangan yang diberikan, yaitu hafalan surat pendek. Bagi tim yang dapat menghafal surat pendek dapat mengikuti kegiatan tersebut.
“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk nilai edukasi bagi peserta didik, memberikan pandangan bahwa game itu hanya sebagai hiburan, bukan kebutuhan serta bentuk dukungan pada program Madrasah.” Ungkap agus sebagai koordinator turnamen.
Pada akhir acara, juga dibagikan hadiah atau doorprize kepada peserta Jalan Sehat dengan hadiah utama berupa 4 buah sepeda Gunung.
“Saya sangat senang dengan acara harlah ini, karena sangat seru, selain ada hiburan juga banyak doorprize yang dibagikan, serta lomba mobile legend yang sangat ramai.” Ungkap Aris salah satu yang mengikuti kegiatan.ms/rf