Kakanwil Tekankan Sikap Wasathiyah pada Sarasehan Modin Kota Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag, M.S.I menghadiri undangan sekaligus mendampingi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, H. Musta’in Ahmad, SH, MH yang didapuk sebagai narasumber dalam giat kegiatan Sarasehan Modin Kota Salatiga Tahun 2023. Berlangsung di Ruang Kaloka Lantai 4 Gedung Sekda Kota Salatiga pada Rabu, 14 Desember 2023, kegiatan diikuti oleh 150 Modin se-Kota Salatiga. Hadir dalam kegiatan, Pj Wali Kota Drs. Sinung N Rachmadi, MM Asisten 1 Pemerintahan Joko Wahono, M.Sos, M.Si, Kabag Kesra, Kepala MUI serta dihadiri oleh para tokoh agama di Salatiga.

Bertindak sebagai narasumber pertama, PJ Wali Kota menyampaikan materi tentang Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Kegiatan Modin Dalam Pemberian Layanan Keagamaan dan Kemasyarakatan. “Modin merupakan tokoh masyarakat yang bersinggungan dengan layanan kegamaan dan kemasyarakatan, oleh karena itu kesejahteraan modin sangat diperhatikan oleh Pemerintah Kota Salatiga. Dalam kehidupan bermasyarakat, modin juga diharapkan untuk senantiasa mendukung program pemerintah seperti pencegahan stunting. Kami mohon modin bisa memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tidak kawin dini/bocah demi pencegahan stunting.” Demikian disampaikan Sinung dengan sesekali melontarkan guyonan khasnya untuk mencairkan suasana.

Selanjutnya, Kakanwil Kemenag berkesempatan menyampaikan materi kedua yaitu tentang Meneguhkan Pemahaman Wasathiyah di Masyarakat. Modin sebagai perangkat desa dalam bidang keagamaan, sudah seharusnya bersikap wasath atau moderat. “Ummatan wasathan umat pilihan yang selalu bersikap menengahi atau adil. Baik dalam beribadah sebagai individu maupun dalam berinteraksi sosial sebagai anggota masyarakat, Islam mengajarkan untuk selalu bersikap moderat. Jadi konsep wasathiyah perlu dipahami bersama dengan merefleksikan prinsip moderat (tawassuth), toleran (tasamuh), seimbang (tawazun), dan adil (i`tidal) untuk terciptanya kerukunan umat beragama,” jelas Musta’in.

Narasumber terakhir, yaitu Ketua MUI Salatiga Dr. KH. Agus Ahmad Suaidi, Lc., M.A menyampaikan materi tentang Peran Modin Dalam Melayani Masyarakat dan Menjaga Kerukunan Umat di Salatiga. Dalam giat tersebut, diserahkan pula Insentif Modin secara simbolis. (Humas/YF-HA/Sua)