Latih Kepedulian Masyarakat MANU 01 Banyuputih Gelar Pengabdian Masyarakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Untuk memberikan pengalaman secara langsung di masyarakat, MANU 01 Banyuputih menggelar kegiatan pengabdian dan pelayanan masyarakat . kegiatan itu bertajuk Program Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat (P3M) yang kali ini menyasar pada masjid-masjid pada Kamis (16/03). Sebanyak 187 Siswa melakukan pengabdian dengan melakukan kebersihan.

Saat melepas kegiatan itu, Kepala MANU 01 Banyuputih Mukhsin, mengatakan bahwa program P3M menjadi rangkaian kegiatan wajib bagi kelas 12 yang kali ini diikuti oleh 187 siswa.

“Melalui P3M ini kita akan mengabdi kepada masyarakat sebagai kegiatan pra ujian,” kata Mukhsin

Sementara itu Wakil Kepala Bidang Humas Ahmad Mashfufi dalam keterangannya mengungkapkan masjid di Kabupaten Batang yang kita sasar dalam program ini ada 7 lokasi yaitu masjid Nurul Ulum Dukuh Limbangan Desa Kalibalik, masjid Jami Sabilul Huda Dukuh Jetis Desa Bulu, masjid Nurul Huda Dukuh Slatri Desa Kalangsono, masjid Al Islah Desa Pungangan, masjid Al Mursyid Dukuh Adiloko Desa Rowosari, masjid Nurul Huda Desa Dlimas, dan masjid Jami Attaqwa Dukuh Kendal Sari Desa Sembung.

“Peserta dibagi menjadi 7 kelompok sesuai dengan kelas program peminatannya lalu menuju lokasi didampingi para guru, sesampai di tujuan peserta mambaca tahlil, penyerahan alat-alat kebersihan serta cindera mata,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bentuk pengabdian dan pelayanan yang dilakukan para siswa kelas 12 yaitu dengan membersihkan lokasi masjid juga memberikan bantuan berupa 6 kitab suci Al-Qur’an, 3 kitab Barzanji, 10 kitab Yasin di masing-masing masjid. Sedangkan bantuan alat kebersihan berupa sapu lantai, sapu lidi, alat pel, tempat sampah, ember plastik, keset biasa, keset anti air, sapu air, ingkrak, wiper kaca, kanebo, kapstok, kemoceng, pembersih kaca cling, pembersih lantai, sikat WC, dan cindera mata.

Salah satu takmir masjid Sabilul Huda Jetis Bulu Banyupytih Mustofa saat ditemui menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi dengan Program Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat (P3M) dari MANU 01 Banyuputih ini. Menurutnya kegiatan sangat bermanfaat bagi masjid.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak MA NU 01 Banyuputih yang telah mengadakan program ini. Sebenarnya warga akan melaksanakan bersih-bersih masjid karena memang sudah menjadi kegiatan rutin apalagi menjelang bulan suci Ramadhan maka program ini merasa sangat membantu, semoga siswa-siswi MA NU 01 Banyuputih akan menjadi orang-orang sukses dunia dan akhirat,” tutur Mustofa

Salah satu siswa yang terlibat secara langsung kegiatan itu Hasyim Naufan mengungkapkan rasa senangnya mengikuti kegiatan itu. Menurutnya kesempatan yang baik ini adalah bentuk pengabdian pada masyarakat dan menambah pengalaman tersendiri.

“Ssaya merasa senang mengikuti kegiatan ini, semula saya memang jarang sekali mengikuti kegiatan bernuansa mengabdi kepada masyarakat dan kesempatan ini saya di ajarkan untuk mengabdi kepada masyarakat melalui kerja bakti di masjid,” ujar Hisyam Naufan Maulana .

Sedangkan menurut Nazwa Kaila Anindia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan karena selain acaranya keluar sekolah, juga didalamnya sarat dengan kekompakan, solidaritas, kebersamaan dengan senda gurau.

“Kegiatan ini bisa menambah solidaritas dan kekompakan dari teman-teman satu kelas, karena kerjanya bareng-bareng jadi momen kebersamaannya dapet, pokonya seru, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya,” ungkap Nazwa Kaila Anindia.(M.Asrofi/Zy_humas/rf)