Layanan Pasport Haji On The Spot Kemenag Kebumen Disambut Positif Calon Jemaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, utamanya meraka calon Jemaah haji tahun 2023, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Cilacap memberikan Layanan Pasport Haji On The Spot atau pembuatan paspor untuk calon Jemaah haji di Aula setempat.

Ditemui di lokasi saat monitoring pelaksanaan, Jum’at (10/03/23), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin mengungkapkan setidaknya sudah ada 200 calon Jemaah haji yang mendapatkan layanan Pasport Haji On The Spot hingga berita ini diturunkan. Menurutnya ini menunjukkan adanya antusiasme dan sambutan positif dari masyarakat atau calon jemaah haji terhadap program ini.

“Progres ini sangat baik, alhamdulillah ternyata program ini disambut dengan baik oleh masyarakat, terbukti sampai dengan hari ini saja sudah ada 200 calon jemaah haji yang terlayani dari data awal sebanyak 650 calon jemaah haji, padahal baru kemarin Kamis (09/03/23) kita laksanakan,” ungkapnya.

Melihat proges tersebut, Ia mengatakan sangat optimis bisa menyelesaikantarget 650 paspor lebih awal dari perkiraan semula yakni selama Sembilan (9) hari. Ia berharap semoga tidak ada kendala apapun sehingga proses pelayanan pasport bagi calon Jemaah haji tahun 2023 bisa selesai lebih awal.

“Bagi kami kepuasan masyarakat sangat penting, lebih cepat selesai lebih baik,” katanya.

Salah satu calon Jemaah asal desa Kembaran kecamatan Kebumen Herdiyanto Sungkono, mengungkapkan, layanan Pasport Haji On The Spot baginya sangat memudahkan dan memuaskan, pelayanannya lancar dan petugasnya ramah. Menurutnya hal tersebut sangat membantu bagi calon Jemaah baik yang masih muda maupun yang sudah lansia seperi dirinya. Pelayanan pasport di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dinilai lebih memudahkan karena tidak harus repot repot ke Cilacap sehingga tidak capek, lebih efektif dan efisien.

“Pelayanan di sini sangat ramah dan informatif, karena tidak perlu perjalanan jauh kami jadi tidak capek dan lebih siap dalam melengkapi dokumen persayaratan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Lebih jauh ia berharap pelayanan seperti ini perlu ditingkatkan dan dilanjutkan tidak hanya menjelang keberangkatan musim haji saja tetapi bisa setiap saat dilaksanakan di Kebumen. Harapannya ada kantor perwakilan / petugas Imigrasi yang di Kemenag sehingga kalau ada konsultasi – konsultasi maupun pelayanan bagi pemohon passport untuk calon Jemaah haji maupun umroh bisa dilayani di Kemenag.(fz/bd).