MAN 2 Rembang Gelar Penilaian Berbasis Aplikasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Kegiatan pembelajaran tengah semester genap bagi kelas X, XI dan akhir semester genap kelas XII tahun 2022/2023 telah usai. MAN 2 Rembang melaksanakan program penilaian mulai Senin 13 Maret sampai Selasa 21 Maret 2023.

Penilaian ini meliputi Sumatif Tengah Semester (STS) bagi siswa kelas X, Penilaian Harian Bersama (PHB) kelas XI, serta Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas XII. Pada penilaian kali menggunakan media yang berbeda dari sebelumnya.

Wakil kepala madrasah bidang kurikulum, Yadhi Nur Amin mengatakan kali ini aplikasi yang dipakai adalah Exambro. Menurutnya penggunaan aplikasi Exambro sebagai pelengkap dari sistem penilaian di MAN 2 Rembang yang sebelumnya menggunakan link googleform.

“Saat masih menggunakan googleform tentu potensi kecurangan siswa sangat besar. Dengan menggunakan Exambro ini diharapkan bisa mengurangi hal tersebut,” imbuh Yadhi, Senin (20/3) kemarin.

Ia menambahkan dengan media Exambro, siswa yang membuka aplikasi lain, dalam waktu cepat akan otomatis tampilan smartphone akan kembali lagi ke aplikasi Exambro. Soal dibuat melalui link googleform, namun untuk mengerjakan melalui Exambro.

Untuk teknisnya menurut Yadhi, setiap guru mapel membuat kode barcode sesuai mapel yang diujikan. Di dalam ruang ujian pengawas memberikan kode barcode yang kemudian discan siswa melalui smartphone yang sudah diinstal aplikasi Exambro.

Dalam pelaksanaan selama delapan hari berjalan lancar. Para pengawas ruangan memang diminta untuk fokus dan benar-benar memperhatikan. Siswa yang tidak membawa smartphone atau tidak bisa digunakan untuk membuka Exambro, mengerjakan soal di ruang laboratorium komputer.

“Rencananya dalam pelaksanaan Asesmen Madrasah kelas XII nanti juga akan menggunakan aplikasi Exambro. Semoga bisa memberikan hasil yang baik,” tutup Yadhi. -huda/iq/r