081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Moci: Sarana Sosialisasi Program Prioritas Kemenag Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kegiatan Moci barang uwane yang di gagas oleh Radio Singosari FM. Brebes, merupakan stasiun radio yang disiarkan dan diakses pada frekuensi lokal 103.9 FM atau secara online, yang menyajikan  berita-berita seputar Brebes,  informasi serta program hiburan yang mengedepan budaya Brebesan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam. Kasi PHU dan Penyelenggara Zawa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes  yang di gelar pada Kamis pagi, (16/03/2023)  pukul. 08.00-09.00 WIB, disiarkan langsung dari Kankemenag Brebes.

Dialog interaktif bersama bersama seluruh pejabat struktural dilingkungan Kemenag Kab Brebes. mengangkat tema yaitu “Haji 1444 H, Ramadhan 1444 H dan Kampenye 1 juta sertifikasi produk halal bagi UMKM” yang mengupas serba-serbi pelaksanaan haji tahun 2023/1444H, semarak kegiatan Ramadhan, upaya pemerintah Indonesia mendorong UMKM untuk dapat mensertifikasikan Halal bagi produk makanana dan minuman dalam rangka menunjung terbentuknya Ekosistem Industri Pariwisata Halal khususnya di Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya.

“Pelaksanaan Haji tahun 1444 H/2023 M pemerintah Indonesia sudah mendapatkan quota 221 ribu, dengan quota tersebut dinyatakan pada keberangkatan haji tahun ini normal dan tidak adanya pembatasan usia keberangkatan, sehingga calon jamaah haji dapat berangkat sesuai dengan daftar tunggu setelah disesuaikan dengan ketidak adanya keberangkatan pada tahun 2020-2021,” ungkap Hj, Julaecha saat di konfirmasi oleh salah satu penyiar Radio Singosari FM.

Sementara itu Kasi Bimas Islam ketika di wawancara tentang  kapan tepatnya pelaksanaan ibadah puasa di Ramadhan 1444 H/ 2023 M, menjelaskan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes bersama tim Badan Hisyab Rukyat (BHR) Kabupaten telah melaksanakan rapat lintas sektroral untuk menentukan pelaksanaan ruhyatul hilal pada Rabu, (22/03/2023) di Pantai Wisata Mangrove Sari Desa Kaliwlingi Kec. Brebes Kabupaten Brebes sekira 17.30 WIB hingga terbenamnya matahari, sedangkan penetapan secara resmi akan menunggu keputusan sidang isbat yang dilaksanakan oleh Menteri Agama bersama ormas Islam di Jakarta.

Sedangkan dalam ragka mendorong UMKM khususnya Industri makanan dan minum dalam skala rumah tangga, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes akan melaksanakan kampanye dan sosilaisasi kepada masyarakat pada hari Ahad, (19/03/2023) di dua lokasi yaitu pertama, Pasar Saporete di komplek Islamic Centre Brebes dan di komplek Wisata Bongkaran depan eks. Pabrik gula Jatibarang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mengkampanyekan capaian sertifkasi halal target tahun 2023, dalam rangka melidungi konsumen muslim dan mendukung terciptaka iklim wisata halal di Indonesia,” terang H. Faedurrohim.

Acara di tutup dengan clossing poin oleh Kasubbag TU. H. Mad Soleh yang menekankan bahawa seluruh program Kementerian Agama Kabupaten Brebes pada tahun 2023 mengacu pada program prioriotas nasional yang sudah dicanangkan olen Menteri Agama dalam memberikan pelayanan umat demi tercapainya masyarakat yang rukun, damai, adil dan sejahtera.(hid/Sua)