MTs N 1 Kendal Torehkan Prestasi di POPDA 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – MTs N 1 Kendal torehkan prestasi dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2023 yang dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai 25 Februari 2023. Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2023 ini sebagai ajang evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat daerah dan untuk menghasilkan calon-calon atlet nasional yang dapat berprestasi mengharumkan daerah di event nasional dan nama bangsa di event olahraga tingkat Asia Tenggara, Asia dan Dunia.

Beberapa Cabang Olahraga yang dipertandingkan pada masing-masing Jenjang Pendidikan, yaitu tingkat SD atau MI adalah Sepak Takraw Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Karate dan Taekwondo. Tingkat SMP atau MTs adalah Sepak Takraw, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Pencak Silat, Karate dan Taekwondo. Tingkat SMA/SMK/MA, yaitu Sepak Takraw, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Pencak Silat, Karate dan Taekwondo.

Pada ajang kejuaraan tersebut MTs N 1 Kendal berhasil mengantongi juara 2 pada cabang olahraga taekwondo atas nama M Ilham Adiyatma dan juara 3 pada cabang olahraga pencaksilat atas nama  Angga Nuril Huda. Kemenagan ini tentu tidak lepas dari peran guru sebagai pembimbing, Faisal Adam guru olahraga MTs N 1 Kendal mengaku puas dengan prestasi yang diraih anak didiknya.

“Memang belum juara pertama tapi ini menjadi bukti keseriusan kami dalam membina potensi, bakat dan minat siswa dibidang olahraga, tentunya didukung semangat kerja keras mereka yang terus berlatih sehingga bisa mendulang prestasi madrasah ditingkat Kabupaten,” ujar Faisal.

Manajemen talenta sangat penting dalam pembinaan potensi minat dan bakat siswa dibidang yag diminati karena hal ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan dan potensinya secara maksimal. Dengan manajemen talenta yang baik didukung SDM (Sumber Daya Manusia) guru pembimbing yang berkompetan, siswa memiliki peluang untuk mengikuti pelatihan, latihan dan kompetisi yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

Dalam hal ini Maskur, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendal mendukung sepenuhnya dalam membina talenta siswa sesuai dengan potensi alamiyah dan minat serta bakat siswa. Proses pengamatan para guru terhadap potensi dan minat siswa membantunya dalam mengidentifikasi serta memberikan dukungan yang tepat dalam pembinaan bakat dan minat siswa.

“InsyaAllah kami memfasilitasi dan mendukung upaya pembinaan bakat dan minat siswa sebagai potensi madrasah dengan bimbingan para guru atau pelatih yang ahli dibidangnya kami terus mendorong siswa untuk bisa berkompetisi sehingga memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka dan syukur-syukur membantu meningkatkan prestasi madrasah,” kata Maskur.

Dengan adanya dukungan Kepala Madrasah, siswa dapat mengembangkan bakat dan minatnya secara maksimal dan meraih prestasi yang membanggakan. Selain itu, juga dapat menjadikan pembinaan bakat dan minat siswa sebagai keunggulan tersendiri bagi madrasah dalam meningkatkan prestasi madrasah. (bel/rf)