Paparan Hasil Evaluasi BPKP atas Pengelolaan Dana BOS Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Bertempat di MTsN Salatiga, pada Jum’at, (24 Maret 2023), Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman menghadiri Kegiatan Pembahasan Hasil Evaluasi Atas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional (BOS) Madrasah Kota Salatiga Tahun 2022-2023 oleh BPKP Prov Jateng.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah tersebut dihadiri oleh Pengendali Teknis dari BPKP Taufan Hidayat dan team, Kasubbag TU H. Nurcholis, Kasi Pendidikan Madrasah, H. Qomarul Aziz, Kepala Sekolah dan perwakilan dari madrasah se-Kota Salatiga.

Dalam sambutan dan arahannya, Taufiq menyampaikan sekaligus mengapresiasi tim evaluasi atas pengelolaan dana BOS pada madrasah di Kota Salatiga, serta harapannya.

“Kedatangan tim BPKP ke Salatiga ini menunjukkan kepada kita semua, pengelolaan dana mana yang sudah atau belum baik, sehingga perlu adanya perhatian demi kebaikan bersama khususnya madrasah di wilayah Kota Salatiga,” tutur Taufiq.

Dalam kesempatan tersebut, tim BPKP memaparkan hasil evaluasi atas pengelolaan dana BOS pada madrasah tahun 2022 yang dilakukan secara uji petik atas 9 (sembilan) madrasah di 3 (tiga) jenjang pendidikan yaitu diantaranya MIN Salatiga, MtsN Salatiga, MAN Salatiga,dan MAS Agro Nuur El Falah.

Dapat disimpulkan 5 (lima) kondisi hasil evaluasi tersebut diantaranya, terdapat sisa dana BOS madrasah tahun 2022 yang di uji petik, jumlah alokasi dana BOS madrasah yang di terima tidak sesuai dengan jumlah siswa Rill, ketidaktepatan waktu penyaluran dana BOS, jumlah dana bos dapat dicairkan seluruhnya, dan kelemahan penyusunan rencana Anggaran madrasah (RKAM) di madrasah swasta.

Menindaklanjuti hasil evaluasi tersebut Kakankemenag berharap adanya refresh kebijakan terkait EMIS, serta berharap dari tim evaluasi juga berkoordinasi lebih lanjut dengan Dirjen Pendis Kemenag RI terkait problem yang ada pada madrasah di kota Salatiga.(Humas-YF/HA/Sua).