Pastikan Awal Ramadhan 1444H, Kanwil Kemenag Jateng Gelar Rukyatul Hilal di 18 Titik Lokasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Kabid Urais Kanwil Kemenag Prov. Jateng Zainal Fatah saat melakukan pemantauan hilal di UIN Walisongo Semarang, Rabu (22/03)

Semarang (Humas) – Rukyatul hilal 1 Ramadhan, Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah bekerjasama dengan UIN Walisongo Semarang melaksanakan pemantauan hilal awal Ramadan di Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang.

Sudah kali ketiga digunakan untuk Rukyat Ramadan, Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang akhirnya berhasil melihat hilal 1 Ramadhan 1444 H untuk kali pertama.

Hal tersebut disampaikan oleh Ahli Falak dari UIN Walisongo Slamet Hambali pada saat pelaksanaan pemantauan hilal.

“Alhamdulillah akhirnya team rukyatul hilal ada yang melihat dengan menggunakan teropong yang ada, dan ini menjadi sejarah yang luar biasa karena baru kali pertama hilal dapat terlihat saat awal Ramadhan di tempat ini,” ungkapnya.

Hasil tersebut selanjutnya dibawa ke sidang isbat Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo M. Ihtirozum Niam berhasil melihat hilal, yang juga ditashih oleh Pakar Falak Slamet Hambali dan Ahmad Izzuddin.

“Hilal terlihat pada pukul 18.11 WIB pada ketinggian 2,5 derajat dengan Elongasi lebih dari 10 derajat,” kata M. Ihtirozum Niam.

Ia juga menambahkan bahwa pada pemantauan hilal kali ini banyak metode yang digunakan mengingat pada waktu pemantau masih sangat samar sehingga team Rukyatul hilal menggunakan berbagai metode guna memastikan bahwa yang terlihat benar-benar hilal.

”Untuk memastikan Apakah ini benar-benar atau tidak Kita kemudian melakukan verifikasi dengan astronomi tool,” imbuhnya.

Rukyatul Hilal Awal Ramadan dihadiri oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Prov. Jateng Zainal Fatah, Wakil Rektor III UIN Walisongo Semarang Achmad Arief Budiman dan dari pelbagai utusan diantaranya dari Biro Kesra Setda Prov. Jateng, MUI Jawa Tengah, Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Pengadilan Agama Semarang, PWNU Jateng dan PW Muhammadiyah Jateng.

“Ada 18 titik lokasi Pemantaun Hilal Ramadan di Jawa Tengah, salah satunya di UIN Walisongo Semarang hilal bisa telihat” kata Zainal Fatah.

Secara nasional ada 124 titik dan 18  titik pantauan hilal diantaranya dari Jawa Tengah yaitu Rembang, Purworejo, Batang, Kebumen, Cilacap, Jepara, Pemalang, Kota Tegal, Kudus, Kendal, Pati, Banyumas, Brebes, Kota Pekalongan, Kab. Sukoharjo, Kota Surakarta.

Selanjutnya disisi akhir kegiatan pemantauan atau rukyatul hilal di Planetarium UIN Walisongo Semarang, atas Permohonan Zainal Fatah dilakukan pengambilan sumpah dari Pengadilan Agama Semarang yang dilaksanakan oleh Sugiyanto selaku Hakim kepada M. Ihtirozun Ni’am selaku Perukyat yang melihat hilal di Observatorium dan Planetarium UIN Walisongo Semarang. (D/Rf)