Pelatihan Pendamping Produk Halal Bagi Penyuluh

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Kementerian agama Kab. Karanganyar bersama Satgas Halal Kemenenag Karanganyar menggelar pelatihan pendamping produk halal bagi penyuluh di  beberapa Kecamatan termasuk di Jenawi pada 09 Maret 2023.

Kepala Kantor Kemenag kab .Karanganyar, Wiharso membuka langsung kegiatan tersebut dan sekaligus  memberikan pembinaan bersama satgas halal kabupaten Karanganyar.

“Kami bersama Tim Satgas Halal Kab. Karanganyar mengadakan roadshow ke KUA-KUA untuk memberikan pembinaan serta mengajak  penyuluh agama Islam baik yang Fungsional maupun  untuk bergerak bersama melakukan sosialisasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha dan mendampingi para pelaku usaha untuk mendaftarkan produknya supaya bersertifikat halal,“ tutur Wiharso.

“Sertifikasi halal bagi pelaku usaha merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama RI. Sehubungan dengan hal tersebut para penyuluh agama Islam baik itu yang fungsional dan Non PNS dianjurkan untuk mengikuti pelatihan pendamping produk halal secara nasional,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini satgas halal kabupaten Karanganyar memberikan Bintek lanjutan bagi para penyuluh. Bintek ini terdiri dari bagaimana membuat email, NIB, dan mendaftarkan di aplikasi ptsp.halal.go.id. Kegiatan ini dimaksudnya supaya para penyuluh agama Islam bisa mendampingi sebanyak mungkin pelaku usaha untuk mendaftarkan produknya supaya bisa bersertifikat halal.

Sejumlah 101 penyuluh agama Islam Kabupaten Karanganyar mengikuti pelatihan tersebut. Sebelumnya mereka telah melaksanakan pelatihan dilaksanakan secara daring,  maka dari itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Karanganyar merasa perlu untuk melaksanakan pembinaan dan Bintek lanjutan terkait PPH bagi para penyuluh tersebut.(ida/sua)