Penguatan Sinergisitas dan Moderasi Beragama bagi Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu Kab. Karanganyar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Kasubbag TU Kementerian Agama Kab. Karanganyar, Rusdiyanto membuka Kegiatan Rakor Agama Hindu, Kamis, 2/3/2023 di gedung PHDI Kec. Jenawi. Hadir Ketua PHDI kab kra, ketua Yayasan Hindu Kab. Kra, Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu Kecamatan dan Kabupaten, Penyuluh Agama Hindu Kab. Karanganyar.

Rusdiyanto menyampaikan  Untuk membangun umat, perlu sinergisitas antara pemerintah dengan lembaga agama dan keagamaan.

“Moderasi beragama merupakan pencegahan terhadap berbagai paham-paham keagamaan radikal, yang berpotensi menjadi gangguan terhadap kerukunan umat beragama. Pemahaman yang moderat menyebabkan umat tidak mudah tergelincir ekstrim kanan atau kiri. Kebersamaan umat membuat kehidupan yang beragam penuh dengan kedamaian. Dan di era tehnologi saat ini, Integrasi data merupakan sebuah keharusan guna menghasilkan informasi yang lebih baik, “ tuturnya.

“Melihat peran lembaga agama dan keagaman semakin memiliki posisi yang penting dan strategis, para pemimpin lembaga keagamaan dan tokoh agama  dituntut ikut melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih baik, bisa menjadi panutan seluruh umat baik dalam menjaga moral dan etika, serta lembaga agama dan keagamaan harus mampu membangun jejaring dengan semua pihak. Sinergi dapat diwujudkan salah satunya dengan implementasi Tri Mantra Sakti yang digagas oleh Kementerian Agama, terdiri dari Moderasi Beragama, Kebersamaan Umat, dan Integrasi Data,” pungkasnya.

Rakor ini diharapkan dapat menghasilkan sesuatu dimana tercapainya layanan peribadatan lebih baik. Kegiatan ini  sebagai ajang Simakrama untuk bertemu dan berdiskusi, berbagi informasi, saling mengisi untuk menguatkan dan memantapkan pelayanan kepada umat Hindu, meningkatkan sraddha dan bhakti umat, meningkatnya kerukunan hidup umat beragama, meningkatnya peran-serta umat dalam kegiatan keagamaan dan untuk membangun umat Hindu yang ada.

Kemenag memberikan pelayanan kepada seluruh umat, mendukung kegiatan umat, Kemenag akan memberikan Rekomendasi-rekomendasi yang dibutuhkan umat, dalam rangka untuk pelayanan umat yang lebih baik. Sehingga Tercipta koordinasi yang baik, antara pimpinan lembaga Hindu di kab. Karanganyar. (Ida/sua)