Persiapan Ngaji Pasanan, MAN 2 Rembang Gelar Bedah Kitab

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Bertempat di aula madrasah, MAN 2 Rembang menggelar pembukaan ngaji pasanan pada hari Jum’at, 24 Maret 2023. Kegiatan ini diikut oleh guru dan pegawai MAN 2 Rembang. Untuk siswa masih libur awal Ramadhan.

Tepat pukul 08.00 diawali dengan Khotmill Qur’an 30 juz dengan masing-masing membaca 1 juz Al Qur’an yang telah dipersiapkan sebelumnya. Guru pegawai yang hadir tampak khusyuk membaca kalam ilahi di bulan Ramadhan ini. Pembacaan doa khataman oleh Muslihul Afif.

Acara dilajutkan dengan pembinaan oleh Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi. Ia merasa senang sekaligus bangga, guru dan pegawai bisa ikut ngaji bedah kitab yang akan dibaca pada kegiatan ngaji kitab MAN 2 Rembang.

Menurut Kasnawi, al-Qur’an itu luar biasa. Syifaun linnas, Qur’an obat mujarab untuk penyakit hati. Allah tidak jauh tapi dekat dengan hati. Maka Ramadhan diawali dengan berkah khataman al-Qur’an.

“Diharapkan bapak ibu menjadi semangat untuk tadarus. Semoga nanti juga ada Khotmil Qur’an penutup pada akhir Ramadhan,” ujarnya.

Acara inti diisi oleh KH. Nur Khozin. Ia merupakan pengasuh Ponpes Pesantren al-Mas’udy yang juga pensiunan guru MAN 2 Rembang. Dalam paparannya, Nur Khozin mengutip sebuah riwayat dari kitab Durrat an-Nasihin: Man fariha bidukhuuli ramadhan harromallahu jasadahu alannniran.

“Dari dalil tersebut kurang lebih artinya, barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka,” kata Nu Khozin

Ia akan mengampu ngaji kita mukhtarul ahadist yang rencananya akan dimulai hari Senin (27/3) di ruang podcast. Sementara untuk siswa, ngaji kitab kelas X diampu oleh Nur Haqiqi yang akan membacaka kitab Ta’lim Muta’allim, sedangkan kelas XI ngaji kitab Fathul Qarib yang akan diampu oleh Kusrin. -huda/iq/rf