SIDANG TERBUKA MA’HAD ALY AL-MUBARAK MANGGISAN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

WONOSOBO – Direktur PD Pontren Kemenag RI Prof. Dr. Waryono Abdul Ghofur MA. hadir pada Sidang Terbuka Ma’had Aly Al-Mubarak Manggisan Wonosobo. Rabu, 01 Maret 2023.

KH. Hidayatullah sampaikan ke bahwa ilmu menjadi penentu kesuksesan kehidupan, santri dengan bekal ilmu akan sukses jalani kehidupan. Kunci sukses perbendaharaan kehidupan adalah ilmu.

Di Pondok Pesantren ilmu tidak pernah berhenti, selalu kerkembang. Wawasan keilmuan santri di pesantren menjadi prioritas pengembangan intelektual bagi generasi calon Ulama, demikian nasehat Kyai.

Selanjutnya dalam sambutannya Kepala Kankemenag Wonosobo Ahmad Farid sampaikan bahwa pondok pesantren miliki kekhususan dalam laksanakan pendidikan tentunya dengan pembentukan karakter akhlak mulia. “Teruslah menuntut ilmu di Pondok Pesantren untuk persiapkan masa depan, jangan berhenti belajar dan mengaji,” kata Farid.

Dalam kesempatan istimewa Wisuda Ma’had Aly disampaikan kuliah umum oleh Direktur PD Pontren Kemenag RI. Prof. Waryono sampaikan bahwa Mahasantri yang telah diwisuda harus disempurnakan pengetahuan keislamannya dengan wawasan teknologi dan informasi. Selanjutnya Direktur PD Pontren ini tegaskan bahwa kemuliaan ahlaq menjadi istimewa dalam pendidikan pesantren kata kunci defisit ahlaq atau krisis ahlaq adalah pendidikan pesantren. “Alumni Ma’had Aly itu keilmuannya bergaransi Kyai karena pemahaman ilmu keislaman yang lengkap menyeluruh,” tegas Prof. Waryono.

Diwisuda 49 Mahasantri Ma’had Aly telah mendapatkan gelar kesarjanaan S.Ag (Sarjana Agama). Tahun 2023 ini merupakan wisuda ketiga Ma’had Aly diantaranya Al-Mubarak Manggisan, demikian kata Gus Aufa putra pertama KH. Nur Hidayatullah.

Hadir di acara ini Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Jateng Dr. Nur Abadi MPdI. Selamat dan sukses untuk Ma’had Aly Al-Mubarak atas terselenggaranya Wisuda Ma’had Aly.

Selanjutnya Kasi PD Pontren Kankemenag Wonosobo Fakih Khusni pada kesempatan wisuda hari ini sampaikan rasa bahagianya dan kebanggaan untuk para wisudawan maha santri Ma’had Aly Al-Mubarak. Fakih berharap kedepan Ma’had Aly Al-Mubarak terus berkontribusi mencetak calon ulama dengan keberadaan Ma’had Aly Marhalah Ula dan Marhalah Tsani yang telah berproses perijinannya.(Ps-Ws/Sua)