Sya’dullah : Akurasikan Data Emis Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang menggelar Upgrading Penguatan Data Emis bagi Raudlatul Athfal (RA), MI, MTs dan MA se-Kabupaten Rembang. Kegiatan ini digelar pada Senin-Selasa (20-21/3/2023) di aula Kemenag Rembang.

Penguatan data untuk RA dan MI digelar pada Senin (20/3/2023). Sementara untuk MTs dan MA diadakan pada Selasa (21/3/2023). Bertindak sebagai narasumber yaitu Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Sya’dullah dan M. Haris Fikri.

Sya’dullah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk akurasi data Emis di masing-masing satuan kerja madrasah. Keakuratan data mutlak dipenuhi untuk kelancaran penyelenggaraan anggaran dan kegiatan di madrasah.

“Penguatan data Emis ini bertujuan untuk mewujudkan data dan informasi yang berkualitas. “Data ini harus kita secara efektif, efisien, akuntabel, dan transparan. Karena itu dibutuhkan ketelitian dan kecermatan,”  pesan Sya’dullah kepada peserta.

Sementara Fikri menjelaskan tentang tata cara pengisian data-data Emis, baik siswa, orang tua, dan lainnya yang muncul pada aplikasi EMIS 4.0.

Fikri menjelaskan, pada menu daftar Siswa, hanya menampilkan daftar siswa dengan status aktif dan aktif tanpa rombel dan tambahan filter tingkat.  SEmentara pada data siswa, salah satunya menampilkan kebutuhan Disabilitas. “kebutuhan disabilitas ini boleh dipiluh lebih dari 1. Validasikan pula data anak ke berapa dan jumlah saudara,” jelas Fikri.

Sementara untuk nama Ibu yang sudah otomatis terteta di aplikasi, tidak dapat diubah karena diperoleh dari data Pusdatin.   Data-data lainnya, kata Fikri, harus diisi secara valid.– iq/rf