Kakankemenag Minta Seluruh TPQ Terdaftar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Roziqun meminta semua TPQ di Kabupaten Pemalang wajib terdaftar dalam sistem aplikasi yang disediakan Kementrian Agama. Adapun sistem aplikasi yang disediakan yaitu SIPDAR PQ dan EMIS Seksi PD Pontren. Menurut data dari SIPDAR PQ, ada sebanyak 1.921 buah TPQ di Kabupaten Pemalang.

Hal tersebut disampaikannya saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Pelatihan Tenaga Pendidik Al Qur’an hari kedua pada hari Selasa (11/7) di Gedung BAZNAS Kabupaten Pemalang. Turut hadir Ketua Badko LPQ Agus Mukhtasim Billah, Ketua STIT Pemalang Amiroh, dan Ketua BAZNAS Kabupaten Pemalang Agus Nurkholis.

“Dengan TPQ teregister, banyak kemudahan yang akan diperoleh termasuk peluang mendapatkan bantuan dari Kementerian Agama,” sebut Roziqun. Ditambahkannya, bagi guru yang belum memiliki syahadah (ijazah) mengajar di Aplikasi SIPDAR PQ diharuskan memiliki syahadah tersebut.

Pelatihan Tenaga Pendidik Al Quran diselenggarakan oleh Badko LPQ bekerjasama dengan STIT Pemalang selama tiga hari sejak tanggal 10 Juli sampai dengan 12 Juli 2023. Pada hari pertama, Senin (10/7) kegiatan digelar di tiga lokasi yakni Aula BAZNAS Kabupaten Pemalang, Pondok Pesantren Salafiyah Pemalang, dan MTs Nurul Islam Randudongkal. Jumlah peserta hari pertama sebanyak 1.036 orang guru TPQ dari Kecamatan Bantarbolang, Moga, Pemalang, Petarukan, Randudongkal, Warungpring, Watukumpul, Pulosari, dan Belik.

Untuk hari kedua kegiatan digelar di dua tempat yaitu Aula BAZNAS dan PP Salafiyah. Kegiatan diikuti oleh 371 orang guru TPQ dari Kecamatan Ulujami, Bodeh, Comal, Taman, dan Ampegading. (af/fi/rf)