Jadi Lebih Efektif dan Efisien, Rencana KUA Menjadi Tempat Nikah Semua Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut mengatakan bahwa mulai tahun 2024 ini Kantor Urusan Agama (KUA) akan menjadi tempat pernikahan untuk seluruh agama. Hal itu dikatakannya saat Rapat Kerja Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam di Jakarta, Sabtu (24/2/2024) lalu.

“Kita sudah sepakat sejak awal bahwa KUA ini akan kita jadikan sebagai sentral pelayanan keagamaan bagi semua agama. KUA bisa digunakan untuk tempat pernikahan semua agama,” kata Gus Yaqut.

Rencana tersebut juga menuai banyak respon, tak sedikit yang menyambutnya dengan positif. Dalam bincang pagi di Pro 1 FM RRI Surakarta, bertindak sebagai narasumber Kakanwil Musta’in Ahmad, Kamis (29/02/2024). Secara garis besar dirinya menjelaskan spirit yang melandasi rencana tersebut, keadaan terkini dan proses regulasi mengenai rencana tersebut.

Salah satunya, apresiasi datang dari Narahubung Sadikun. Melalui jejaring telepon dirinya menyatakan bangga memiliki Menteri seperti Gus Yaqut.

“Saya mengapresiasi Menteri Agama yang sekarang, kalau punya Menteri ya seperti ini. Saya menilai pola pikirnya tinggi sekali. Namanya KUA yo dinggo kabeh agama, kui apik,” tutur pria yang akrab dipanggil Mbah Sadikun itu.

Mbah Sadikun berdomisili di Karanglo, Karanganyar, menuturkan terdapat banyak umat Katolik dan Islam di sana. Sehingga pencatatan nikah di KUA menjadi kebijakan yang sangat baik dan efektif serta efisien. “Butuh lebih banyak biaya bila harus menuju Dukcapil di Klaten. Kalau ke KUA Kecamatan kami cukup naik sepeda sudah sampai. Hebat ini Pak Menteri!,” tuturnya bersemangat. (PS/BEL)