081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Tim MYRES MTsN Surakarta 1 Raih Medali Emas

Kota Surakarta (Humas) – MTsN Surakarta 1 kembali meraih kemenangan dengan perolehan juara 1 pada Ajang  Madrasah Young Research Super Camp (MYRES) Tingkat Nasional 2024 di Bidang Ilmu Keagamaan Islam, yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, dan Kementrian Agama Islam Republik Indonesia.

Hasna Arum Kamila (9A), Kiara Anandya Maharani (9B) dan Andira Najma Ats Tsagaara (9B) merupakan peneliti muda  MTsN Surakarta 1 yang sudah mengharumkan nama madrasah tercinta di Ternate, Maluku Utara, Jumat (6/9/ 2024).

Judul penelitian yang mereka angkat adalah ”Akulturasi Budaya Lingkungan Masjid Laweyan; Mengalihfungsikan Pura Sebagai Masjid Tertua di Surakarta”. Tahapan demi tahapan yang sudah dilalui Tim Myres MTsN Surakarta 1 tentu saja tidak mudah. Berkat ketekunan siswa dan bimbingan guru serta dukungan Kepala Madrasah menjadi kekuatan positif untuk melewati setiap tahapan babak penyisihan.

Kiara Anandya, salah satu Tim Myres menyampaikan bahwa dia menikmati setiap proses dari setiap tahapan MYRES, karena melakukan penelitian dengan 2 teman dekatnya tak akan bisa diulangi lagi.

“Sangat senang bisa melakukan penelitian ini, apalagi bertemu dengan orang-orang hebat yang menginspirasi dan memotivasiku,” tutur Kiara Anandya.

 

Sungguh  istimewa kemenangan yang sudah diperoleh ini. Faktanya, MTsN Surakarta 1 sudah pernah meraih juara 3 MYRES pada tahun 2021, juara 2 MYRES pada tahun 2023, dan juara 1 pada tahun 2024.

“Tentu ada struggle entah dari internal maupun eksternal, kami harus bisa menjaga mood  satu sama lain agar tidak ada yang terbebani karena butuh kerjasama dan semangat untuk bisa saling membantu.” ujar Andira Najma, salah satu Tim Myres.

Pembimbing para peneliti muda ini, adalah guru-guru MTsN Surakarta 1 yang hebat yaitu Jauharul Fuad Rohas dan Nirmala Fitri Qomariyah. MYRES adalah kompetisi bergengsi untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa madrasah sekaligus ajang pendorong pencapaian hasil penelitian yang orisinal, berkualitas serta kompetitif.

“Memang kita harus semangat untuk bergerak lebih lagi agar pengalaman hebat kita miliki. Tentunya usaha yang maksimal dan berdoa kepada Allah juga kunci agar kita berhasil meraih sesuatu,” ucap Hasna, Tim Myres. Terima kasih  bapak ibu guru pembimbing atas segala perjuangannya. Terima kasih Ibu Kepala Madrasah MTsN Surakarta dengan semua motivasi dan suportnya. Terima kasih pada bapak ibu guru dan pegawai atas doa dan dukungannya,”tambah Hasna. (Andalusia/Diana/rmd)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content