Aksi MA NU Lasem, Donor Darah Sebagai Wujud Kepedulian Sosial

Rembang — Aksi donor darah MA NU Lasem merupakan bagian dari program madrasah yang bertujuan sebagai pendidikan karakter, penanaman jiwa kepedulian sosial siswa terhadap sesama yang membutuhkan bantuan khususnya persediaan darah.

Kegiatanan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali dan telah berlangsung sejak 5 tahun yang lalu. Kepala MANU Lasem, Saidah mengatakan, kegiatan ini telah dimulai sejak tahun 2013. “Pada periode awal masa jabatan, saya langung berinisiatif untuk menggelar donor darah ini,” kata Saidah ketika diwawancara baru-baru ini.

Aksi donor darah menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang dan BMT Harum. Selama pelaksanaan, kegiatan donor darah ini mendapatkan respon yang positif dari siswa-siswi, Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), beserta bapak dan ibu guru karyawan madrasah sebagai pesertanya. Sebelum melakukan donor tiap-tiap peserta di cek terlebih dahulu oleh tim medis untuk menentukan uji kelayakan kesehatan bagi pendonor.

Semua kantong darah yang terkumpul diserahkan kepada PMI kabupaten Rembang untuk disalurkan kepada masyarakat atau pasien yang membutuhkan dalam bidang kesehatan.

Kegiatan berlangsung di gedung MA Nu Lasem, mulai pukul 09.00 WIB-selesai dan petugas dari PMI Rembang telah hadir setengah jam sebelunya.

Saidah mengucapkan banyak terima kasih kepada siswa yang telah mendonorkan darahnya, PMI dan BMT Harum yang telah mensupport kegiatan, sehingga program ini dapat terwujud dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. dwi-iq/bd