Bekali Siswa Kuasai Teknologi, MTs N 2 Banjarnegara Ujikan TIK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Membekali siswa dengan menguasai teknologi sesuatu keharusan saat ini. Hal ini terlihat pada kegiatan ujian praktik  mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dilaksanakan (12-14/5).

Bertempat di Laboratorium Komputer  MTs N 2 Banjarnegara , siswa kelas 9 diuji kemampuannya dalam bidang menggunakan komputer dalam kehidupan.

Siswa diharapkan dapat menguasai teknologi secara mandiri dalam ujian praktik TIK kali ini. Dan mampu menerapkan dalam kehidupannya kelak.

Materi ujian TIK kali ini adalah membuat surat dengan aplikasi word. Materi ini menjadi unggulan ujian praktik kali ini dengan tujuan dalam penulisan surat banyak terdapat sajian pendukung yang sudah bisa dilihat hasil yang nantinya diharapkan.

Misalnya Searching gambar, meletakkan logo pada surat, menata tulisan sehingga rapi, memilih variasi font surat agar terlihat cantik, sampai pada pengaturan paragraf tulisan serta pemilihan kertas yang akan digunakan.

“Pokoknya ini paket lengkap yang bisa diukur sehingga mewakili kemampuan siswa untuk terampil dalam menggunakan komputer,” jelas Mujib Abdillah guru TIK penguji ujian.

Dengan durasi waktu 90 menit siswa harus mampu menyelesaikan tugas menulis surat dengan baik dan lengkap sesuai instruksi lembar kerja yang dibagikan oleh penguji.

Menurut Mujib Abdillah juga menjelaskan bahwa ujian praktik ini semoga bisa membekali para siswa agar terampil dalam menggunakan perangkat komputer pada umumnya. Dan terampil membuat surat yang biasa menjadi sarana utama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Keterampilan yang lain memang sudah saya ajarkan, namun penguasaan membuat surat menjadi modal utama untuk mengaplikasikan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Harapannya bisa menjadi bekal setelah lulus dari madrasah dan mengembangkannya dengan mempelajari aplikasi yang lain.(dw/ak/rf)