40 Peserta Asal Rembang Berkompetisi Dapatkan Formasi Petugas Haji PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Sebanyak 40 orang mengikuti tes seleksi petugas haji PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 1444 H/2023 M pada Rabu (25/1/2023) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rembang. 40 peserta tersebut terdiri atas unsur PNS, ormas, dan lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Fatah membuka acara dengan membacakan sambutan pengarahan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI.  “Rangkaian kegiatan rekrutmen petugas ini kami nilai sangat penting, karena merupakan bagian dari proses persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 144H/2023M. Harapannya dengan adanya kegiatan rekrutmen petugas ini dapat menghasilkan calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter yang memiliki dedikasi, loyalitas serta professional,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dirjen mengatakan, untuk mendapatkan calon petugas yang diinginkan, para peserta harus melengkapi persyaratan teknis serta administrasi yang ditetapkan. Setelah lolos dalam tahapan tersebut peserta baru dapat mengikuti seleksi. “Dalam rangka memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik, Kementerian Agama melaksanakan seleksi calon Calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter secara terbuka dan kompetitif,” jelasnya.

Tahap Pertama, seleksi dilaksanakan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota baik penilaian administrasi maupun tes kompetensi (CAT). Adapun tahap ke-II dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tahun 1444H/2023M baik melalui penilaian tes kompetensi (CAT) dan wawancara.

Lebih lanjut, Dirjen berpesan, bagi yang tidak lolos agar tidak berkecil hati, karena dapat mengikuti tes pada tahun-tahun mendatang.

Tes dengan system Computerized Assisted Test (CAT) ini berlangsung pada pukul 09.00 – 10.30 WIB. Setiap peserta menjawab 100 soal. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Rembang, Zuhri mengatakan, hasil seleksi ini akan diumumkan pada 26 Januari 2023. “Peserta yang lolos seleksi CAT ini akan mengikuti tes di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah,” terangnya.

“Tes kali ini adalah yang paling banyak pesertanya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena tes ini dibuka untuk umum, maka peminatnya banyak,” pungkas Zuhri.– iq/rf