Senin, 20 Maret 2017, 16:49

Berikan Keterampilan Tambahan melalui Pelatihan Kaligrafi

Nurul Huda memberikan materi dasar kaligrafi kepada para siswa MTs N Kendal, sabtu (18/03)

Kendal - Sebanyak lima puluh siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) Kendal mengikuti pelatihan menulis dan karya kaligrafi yang diadakan MTs N Kendal yang bekerja sama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan Jogja Kaligrafi bertempat di Aula setempat, Sabtu (18/03).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala MTs N Kendal Asroni ini menghadirkan Nurul Huda Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijogo Yogyakarta sebagai narasumber.

Asroni menyampaikan, kaligrafi merupakan seni menulis huruf yang bukan hanya huruf arab tetapi seluruh huruf yang ada didunia ini. Namun dalam kesempatan ini juga yang dipelajari adalah kaligrafi arab yang dikenal dengan Khot.

Asroni mengungkapkan pelatihan seni kaligrafi tersebut diadakan guna memberi nilai tambah bagi peserta didik MTs N agar nantinya bisa mengembangkan seni dan kebudayaan islam agar tetap lestari dan dinikmati oleh generasi nanti.

"Pelatihan ini diadakan untuk memberi nilai tambah untuk siswa MTs N Kendal," ujar Asroni

Asroni menambahkan, pelatihan yang diberikan kepada para siswa adalah teknik-teknik dasar untuk pemula. Seperti cara penulisan lafadz-lafadz yang sering dijumpai seperti lafadz Allah dan Muhammad. Para siswa diperkenalkan pada teknik yang mudah terlebih dahulu, itu merupakan cara agar menarik minat dan semangat untuk mengikuti pelatihan, tambahnya.

Kepada para peserta Asroni berpesan, agar pelatihan ini diikuti dengan sepenuh hati agar bisa bermanfaat dan menjadi keahlian tambahan dalam bidang seni islami. "Semoga ini bisa menjadi keahlian tambahan bagian para siswa," pesannya.

Sementari itu, Nurul Huda yang bertindak sebagai narasumber mengatakan, selain dapat menuangkan kreatifitas melalui seni kaligrafi, kaligrafer dapat memperoleh manfaat batiniah. Lewat tulisan indah ini, seorang Muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Makna dari lafadz-lafadz Allah yang ditulis dalam bentuk yang indah, dapat dijadikan media untuk senanntiasa mengingat Allah SWT. "Selain menuangkan kreatifitas, kaligrafi juga memberikan manfaat batiniah," tutup Nurul Huda (fr-ja/gt)

Berita Lainnya
Jumat, 24 Maret 2017, 13:46

Diana, Siswi MAN Purbalingga Raih Juara 1 LKTI Cagar Budaya

Jumat, 24 Maret 2017, 11:28

Pengelolaan Data EMIS Ibarat Mata Air

Jumat, 24 Maret 2017, 09:15

Habib Tekankan Pentingnya Character Building

Rabu, 22 Maret 2017, 09:26

Prestasi MI Darul Ulum Raih dalam Pesta Siaga

Rabu, 22 Maret 2017, 09:22

MTsN 2 Semarang Siap Laksanakan UNBK