Kamis, 13 April 2017, 13:47

Kakanwil Monitoring UNBK Di MAN 2 Kota Semarang

Kakanwil Kemenag Jateng berfoto bersama Kakankemenag Kota Semarang dengan mengacungkan ibu jari sebagai tanda UNBK di MAN 2 Kota Semarang berjalan lan

Semarang - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani melakukan monitoring ujian di MAN 2 Kota Semarang, Senin (10/04). Kegiatan monitoring dimaksudkan melihat dari dekat kesiapan dan pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan media komputer. Selain juga untuk memantau UNBK agar berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan.

Didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Muh Habib dan Kepala MAN 2 Taufik, Kakanwil meninjau secara langsung satu-persatu kondisi ruang ujian serta pengawasnya. "Alhamdulillah untuk hari pertama ini tidak ada kendala sedikit pun, persiapannya sudah bagus dan semua berjalan sesuai rencana," ungkap Kakanwil.

Menurutnya, meski MAN 2 ini secara fisik terkesan baru dan masih butuh proses dalam penataan, namun MAN 2 mampu menunjukkan bahwa kekurangan sarana prasarana tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk tidak berprestasi.

Pada kesempatan tersebut, Farhani juga memberikan motivasi kepada siswa, "Kuncinya adalah percaya diri. Kepercayaan diri itu sangat penting ketika mengikuti ujian, ungkapnya.

Kakanwil menuturkan bahwa materi pembelajaran sudah diberikan oleh guru, selebihnya belajar tidak harus lewat guru, siswa bisa mencari materi dan contoh soal lewat internet yang tentunya lebih mudah. Farhani berharap semoga siswa madrasah siap mengikuti UNBK dan siap untuk berprestasi.

"Saya optimis di antara siswa kita ini mampu meraih prestasi puncak serta bisa menunjukkan bahwa Madrasah Keren!," tandasnya.

Sementara itu Kakankemenag Kota Semarang menyampaikan, pelaksanaan UNBK di madrasah menunjukkan bahwa madrasah tidak kalah dengan sekolah pendidikan umum. "Kesiapan sarana madrasah dan kesiapan siswa dalam menjalani UNBK harus diupayakan semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga akan membuahkan hasil maksimal," pesan Habib.

Sedangkan Kepala MAN 2, Taufik melaporkan peserta UNBK pada tahun pelajaran 2016/2017 di madrasahnya diikuti oleh 299 siswa terdiri dari program IPA (148), Agama (40) dan IPS (111). Sedangkan ruang yang digunakan sejumlah 4 (empat) ruang laborat, masing-masing dibagi menjadi 3 (tiga) sesi. Selama UNBK berlangsung (10 sd 13 April), 48 guru bertugas sebagai pengawas.(jkm-ch/Wul)

Berita Lainnya
Selasa, 25 April 2017, 14:12

Melalui KSM Potensi Madrasah dan Siswa Harus Meningkat

Selasa, 25 April 2017, 12:26

Jelang UNBK, MTsN Kaliangkrik Fokus pada Penguatan Mental dan Spiritual

Selasa, 25 April 2017, 10:12

Bakti Sosial Semarakkan Peringatan Hari Kartini

Jumat, 21 April 2017, 11:11

39 Tahun Mengabdi, MAN Karanganyar Luluskan 10.061 Siswa

Jumat, 21 April 2017, 09:12

Pembukaan Aksioma dan KSM Tingkat MI Se Kankemenag Kabupaten Temanggung