943 Calon Jamaah Haji Sragen Ikuti Bimbingan Manasik Haji Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Wakil Bupati Sragen, H. Suroto membuka Manasik Haji Massal Kabupaten Sragen tahun 2023 di Gedung IPHI, Selasa, (09/05). Manasik Haji tingkat kabupaten tersebut diikuti 943 peserta. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan selamat dan kepada calon jamaah haji tahun 2023.

‘’Selamat kepada para tamu-tamu Allah, para dhuyufurrohman yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini. Semoga Bapak Ibu semua dapat melaksanakan syarat, rukun, wajib dan sunnah haji dengan sebaik-baiknya dan tentunya harapan dan doa kita agar semua mendapatkan predikat haji yang mabrur,’’ kata H. Suroto yang disambut Aamiin oleh jemaah.

Suroto juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan haji selalu menjadi perhatian Pemkab Sragen. Perhatian itu diwujudkan dengan selalu tersedianya anggaran untuk para petuhas haji daerah dan dukungan lainnya.

‘’Tahun 2023 ini Pemkab Sragen menugaskan 8 orang sebagai petugas haji daerah, baik tenaga kesehatan maupun pembimbing ibadah haji. Mereka akan membantu Bapak Ibu semua dalam melaksanakan ibadah haji agar dapat melaksanakan dengan lebih nyaman dan khusyuk. Selain itu kami juga menyediakan armada untuk antar dan jemput jamaah haji dari daerah ke bandara,’’ ujar Wabup.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, H. Ihsan Muhadi dalam laporan kegiatan menyampaikan pentingnya jamaah calon haji mengikuti bimbingan manasik haji ditingkat kabupaten maupun nanti di tingkat kecamatan.

‘’Bimbingan manasik haji itu penting bagi setiap calon jamaah haji, ini agar setiap calon jamaah haji memiliki kesiapan dan bekal yang cukup dalam ibadah haji nanti. Penting juga agar ibadah haji yang dilakukan itu sesuai tuntunan, jagi menjadi haji yang diterima Allah dan mabrur,’’ kata Ihsan Muhadi.

Kakankemenag juga menyampaikan bahwa Sragen sangat beruntung karena pada manasik haji tingkat kabupaten ini menghadirkan pejabat penting di tingkat pusat.

Ihsan Muhadi mengatakan, ‘’Bersyukur kita karena 2 narasumber kita berasal langsung dari pengambil kebijakan. Merekalah yang paham betul permasalahan dan isu-isu haji terkini. H. Paryono, anggita komisi 8 DPR dan H. Kholilurrohman yang menjabat Kasubdit Bimbingan Jamaah Haji Dirjen PHU Kementerian Agama RI’’.

Lebih lanjut Ihsan Muhadi menyampaikan bahwa mayoritas calon jamaah haji berusia lanjut, usia termuda adalah Rossi Lutfi Anggraini dari Kecamatan Kedawung yang berusia 20 tahun dan jamaah tertua Sunyoto dari Gesi yang berusia 90 Tahun.

Pada akhir laporan, Kakankemenag mendoakan agar semua calon jamaah haji Kabupaten Sragen selalu dikarunia kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan ibadah haji, sejak berangkat sampai pulangnya nanti, serta memperoleh predikat haji yang mabrur.(ira/Sua)