Apresiasi Jemaah Haji Atas Layanan Haji : Sangat Bagus, Luar Biasa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Totalitas petugas haji dalam melayani jemaah haji mendapat apresiasi dari jemaah haji. Diakui, penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar berkat kesigapan para petugas haji, baik di tanah air maupun di Arab Saudi.

Jemaah haji kloter 1 Embarkasi Solo (SOC-01) Muhammad Syarif Hidayatullah mengakui kinerja para petugas haji dan patut diacungi jempol. Pria asal Kabupaten Temanggung yang berangkat sendirian ini mengaku perjalanan haji dari berangkat, pelaksanaan ibadah haji, hingga pulang di tanah air sangat lancar dan nyaman. “Alhamdulillah, semua lancar. Semua rukun dan wajib haji bisa terlaksana dengan lancar,” kata Syarif.

Kenyamanan tersebut didukung oleh pelayanan petugas haji dan fasilitas haji yang baik. “Pelayanan di sana (Arab Saudi) sangat bagus, luar biasa. Petugas cekatan, akomodasi dan makan sudah terpenuhi semuanya. Kalau ada masalah segera ditangani. Luar biasa,” akunya saat diwawancara setiba di Gedung Muzdalifah Debarkasi Solo, Senin dini hari (23/6/2024) sekitar pukul 02.30.

Atas layanan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada Gus Menteri, Yaqut Cholil Qoumas atas upaya persiapan haji tahun ini, sehingga pelaksanaanya menjadi lebih baik dari sebelumnya. “Terima kasih untuk Gus Menteri dan juga semua petugas haji atas penyelenggaraan haji tahun ini semakin baik. Mudah-mudahan mendapatkan balasan dari Allah SWT, senantiasa diberikan kesehatan dan kesuksesan,” ucapnya.

Testimoni kesigapan layanan petugas haji juga disampaikan oleh Imam Yulianto. “Kami merasakan layanan yang memuaskan. Baik petugas akomodasi, konsumsi dan kesehatan. Walaupun ada sedikit kendala, namun itu tidak menjadi masalah besar. Akomodasi dan konsumsi sangat memuaskan. Mungkin kalau nanti kami timbang badan, berat badan kami naik,” serunya didampingi sang istri, Indra Santi.

“Terima kasih kepada Gus Menteri dan seluruh jajaran petugas dari Kementerian Agama. Semoga layanan ini semakin meningkat di tahun-tahun berikutnya,” kata Imam.

Jemaah haji lainnya, Murtasiana merasakan hal yang sama. Pelayanan petugas haji bagi lansia menurutnya sangat memanusiakan manusia. “Walaupun saya dan bapak (suaminya) berdua terus, namun kami tetap dilayani dengan baik. Konsumsinya apa lagi, sangat enak karena masakan Indonesia,” ungkapnya. — iq