Bak Benang Kusut, Kesejahteraan Prakom Menjadi Keprihatinan Tersendiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Dalam gelaran Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional Pranata Komputer (Prakom) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Faridi selaku Koordinator Sub Perencanaan, Data dan Informasi Kanwil Kemenag Prov. Jateng, menuturkan, Bimtek ini merupakan tindak lanjut atas kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Syariah Solo pada 3-5 November tahun lalu.

Bimtek digelar di Hotel Atria Magelang, dan dilaksanakan selama 3 hari (6-8 Juni 2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Wahid Arbani, Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Prov. Jateng tersebut, diikuti oleh 28 Prakom se-Jateng.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan Bimtek dimaksud, Ahmad Faridi menyampaikan keprihatinannya akan belum seimbangnya antara beban pekerjaan yang diemban oleh Prakom dengan kesejahteraan yang diterimanya. “Sekarang, 28 JFT Prakom, semuanya masih golongan III. Progres kesejahteraan Prakom layaknya benang kusut, yang belum diketahui penyebabnya ada dimana. Dibandingkan dengan JFT lainnya, ini menjadi persoalan tersendiri, karena keberadaan Prakom sangat dibutuhkan, akan tetapi kesejahteraannya berbanding terbalik, oleh karenanya angka kredit harus dimulai dari sekarang jangan sampai kedepan semakin tertinggal dari JFT yang lain,” tuturnya.

Pada kegiatan Bimtek ini, ada 3 pemateri yang hadir dengan menyampaikan materi yang berbeda, yaitu Pujiyanta Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) I, Sugiyanto Pembina Prakom Jateng, dan Hesti Pramudiasti dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Dalam penutupan Bimtek, Ahmad Faridi pun berkesempatan menyampaikan beberapa harapan dan motivasi kepada peserta kegiatan. “Semoga kegiatan ini bisa kembali membangkitakan semangat Prakom untuk menyusun dan melengkapi syarat-syarat untuk pengajuan kenaikan pangkat,” ujarnya.

“Kami pun berharap, Prakom Jateng akan mendapatkan perhatian lebih dari satuan kerja masing-masing, baik dalam hal fasilitas penunjangnya, maupu dalam penyusunan angka kredit,” imbuhnya.

“Kanwil Jateng siap memfasilitasi untuk kegiatan-kegiatan Prakom Jateng kedepan,” pungkasnya.

Di akhir acara, melalui Ketua Prakom Jateng , peserta kegiatan menyampaikan apresiasi kepada Kanwil Kemenag Prov. Jateng atas gelaran kegiatan Bimtek tersebut.(Arya/NBA/rf)