081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

BERFIKIR DAN BERDZIKIR MODAL PENGUATAN ISLAM RAHAMATAN LIL ALAMIN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

BERFIKIR DAN BERDZIKIR MODAL PENGUATAN ISLAM RAHLIA

Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat al-Anbiya ayat 107 yang bunyinya, “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. Islam melarang manusia berlaku semena-mena terhadap makhluk Allah, lihat saja sabda Rasulullah sebagaimana yang terdapat dalam Hadis riwayat al-Imam al-Hakim, “Siapa yang dengan sewenang-wenang membunuh burung, atau hewan lain yang lebih kecil darinya, maka Allah akan meminta pertanggungjawaban kepadanya”. Burung tersebut mempunyai hak untuk disembelih dan dimakan, bukan dibunuh dan dilempar. Sungguh begitu indahnya Islam itu bukan? Dengan hewan saja tidak boleh sewenang-wenang, apalagi dengan manusia. Bayangkan jika manusia berfikir , memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran islam, maka akan sungguh indah dan damainya dunia ini.

Diantara ciri intelektual muslim adalah  Berfikir,Berdzikr dan beramal sholeh .Dengan berfikir akan keagungan Allah maka seseorang tidak cepat menyalahkan orang lain. serta menganggap orang lain remeh atau lebih kecil. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kan Kemeng Kab Brebes saat membuka kegiatan Penguatan Rahmatan Lilalamin Siswa siswi SMA / SMK se Kabupaten Brebes ( 27/2) di Aula Dedy Jaya Hotel Brebes yang didakan oleh seksi PAIS Kan Kemenag Kabupaten Brebes .

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, sekali lagi, terbanyak di dunia. Maka melihat keterangan di atas, seharusnya Indonesia menjadi negara yang indah, damai, dan beradab. Tapi lihat saja kenyataannya, kita tidak bisa menutup mata dan telinga dengan pemberitaan sehari-hari yang mengabarkan tentang kisah-kisah menyedihkan dan tak beradab. Mulai dari anak-anak yang melakukan pencabulan, berjudi, menghisab sabu. Remaja tawuran antar sekolah, kumpul kebo, menjadi pengedar, minum-minuman keras. Orang tua yang mencabuli anaknya sendiri, membunuh anggota keluarga sendiri, membunuh karena masalah sepele, bunuh diri, mutilasi, dan sebagainya. melakukan tindak asusila, dan korupsi besar-besaran. Hampir setiap hari kejadian semacam ini keluar di pemberitaan. Sebenarnya apa yang terjadi? Di mana moral mereka? Bukankah sebagian besar dari mereka adalah muslim? Bukankah orang muslim seharusnya menjadi rahmatan lil ‘alamin?Jelas Nara Sumber dari BNK ( Badan Narkotika Kabupaten Brebes ) Drs H Atmo TanSidik

Lebih lanjut Cendekiawan Muslim dan Novelis Kabupaten Brebes Akrom JD MSI , mengajak generasi muda untuk menjadi duta Rahlia ( Rahmatan Lil Alamin ) , paling tidak dilingkungan sekolah masing masing .Jika ingin merasakan Indonesia yang damai sejahtera, maka yang harus dibenahi adalah moral bangsanya, bukan sekedar pendidikan belaka. Dan pendidikan moral yang sesungguhnya, yang komplit, dan yang diperintahkan oleh pencipta manusia adalah Islam. Setiap muslim wajib untuk belajar tentang agamanya. Dengan begitu kita akan mampu menjadi khalifah sesungguhnya di bumi sesuai tujuan diciptakannya kita, yaitu menjadi rahmat bagi semesta alam. Sudah semangatkah kita untuk belajar dan mengamalkan islam? Atau kita malah lebih semangat untuk mempelajari dan mengikuti budaya Jepang atau budaya Barat dari Islam? Seberapa banyak buku Islam yang telah kita baca? Mana banyaknya dengan buku-buku selain itu?. ( oim )