Bimbingan Manasik Haji Kecamatan Batang dan Kandeman Digelar di Gedung PCNU

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Bimbingan manasik haji untuk kecamatan Batang dan Kandeman mulai kemaren Senin (15/05) telah dimulai di gedung PCNU Batang. Hadir dalam pembukaannya Kasi PHU Kemenag Kab. Batang, Kepala KUA, forkopimcam Batang, ketua MUI, para penyuluh agama Islam dan 150 lebih calhaj dari 2 kecamatan itu.

Kepala KUA Kecamatan Batang H. Ali Fatkhur dalam sambutannya menyampaikan selamat datang pada para undangan dan menyampaikan terimakasih pada calhaj dari 2 kecamatan yang telah menghadiri bimbingan manasik haji tingkat kecamatan ini.

“ Kegiatan ini bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban dari kantor kemenag, tapi merupakan majelis ilmu, insya Allah ada rahmat dan keberkahan di dalamnya,” kata H. Ali Fatkhur.

Dia juga menuturkan bahwa sesuai amanat regulasi pemerintah berkewajiban melaksanakan bimbingan manasik haji sebanyak 8 kali .

“ Sesuai regulasi pemerinta berkewajiban melaksanakan bimbingan manasih haji sebanyak 8 kali, 2 kali di selenggarakan di tingkat kabupaten, 5 kali di tingkat kecamatan dan 1 kali praktik bersama,” tuturnya.

Ali Fatkhur juga menegaskan bahwa urgensinya bimbingan manasik haji bagi calhaj sangat banyak selain menerima pemahaman tentang prosedur haji, juga kebijakan dan informasi terkini yang harus dipahami oleh calhaj.

“ Calhaj pasti telah memiliki pemahaman yang cukup tentang fiqih haji karena telah mengikuti bimbingan secara intensif di KBIHnya masing-masing, namun tentang kebijakan pemerintah serta informasi-informasi terkini yang mengait tentang pemberangkatan,pelaksanaan dan pemulangan haji tentu didapat dari bimbingan manasik pemerintah, inilah urgensinya bagi calhaj yang mengikuti bimbingan,” tegasnya.

Sementara itu Camat Batang Luksono Pramudito dalam arahannya menyampaikan terimakasih pada KUA Kecamatan Batang dan Kandeman yang telah melaksanakan bimbingan manasik ini. Menurutnya bimbingan itu penting bagi calhaj agar memahami permasalahan yang akan dihadapinya saat melaksanakan rangkaian ibadah haji.

“ Kami berharap calhaj di dua kecamatan ini mengikuti bimbingan ini sampai selesai agar menerima barbagai informasi yang penting sebagai bekal ibadah haji,” kata Luksono Pramudito.

Dia juga menyoroti tentang kebiasaan tahun-tahun sebelumnya dimana calhaj berangkat sendiri-sendiri langsung ke pendopo. Menurutnya tahun ini bila memungkinkan calhaj kecamatan Batang untuk dapat diselenggarakan acara terlebih dahulu di masjid agung.

“ Harapannya tahun ini calhaj kecamatan Batang bisa berkumpul terlebih dahulu di masjid agung, silaturahmi dengan KUA, forkopimcam sehingga kita bisa memastikan bahwa jamaah berangkat dengan aman,” tuturnya.

Diakhir sambutannya Pak Camat mendoakan semoga calhaj berangkat dalam kondisi sehat, melaksanakan rangkaian ibadah dengan sehat, sampai di tanah air sehat, dengan jumlah yang sama antara berangkat dan pulang.

Sedangkan Kasi PHU H.Luthfi Hakim yang memberikan materi tentang hak dan kewajiban jamaah haji. Menurutnya jamaah berhak mendapatkan layanan administrasi, bimbingan dan pendampingan, transportasi, akomodasi, kesehatan, jaminan keamanan, bagasi barang bawaan.

“ Tidak ada larangan barang bawaan jama’ah selama tidak melanggar UU yang berlaku namun barang bawaan itu menjadi kewenangan yang bersangkutan,” kata H. Luthfi Hakim.

Dia juga berpesan kepada calhaj untuk mengikuti segala ketentuan yang ditetapkan pemerintah demi kelancaran dari pemberangkatan hingga kepulangan. Serta menjaga kesehatan baik fisik maupun mental agar bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji. (Syifagesti/Zy_humas/rf)