Bupati Kendal Lepas Calon Jamaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Bupati Dico M Ganinduto lepas calon jamaah haji asal Kabupaten Kendal yang nantinya tergabung dalam Kloter 13, 14 dan 15 dengan jadwal keberangkatan menuju Asrama Haji Donohudan pada tanggal 27 Mei mendatang. Acara pelepasan berlangsung di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Jumat (19/5) turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Sekda Kendal, para Kepala OPD terkait, petugas haji dan calon jamaah haji sebanyak 879 jamaah.

Bupati Dico menyampaikan haji adalah ibadah spesial bagi umat Islam, maka para jamaah haji harus bisa menjaga stamina dan tidak memforsir tenaga serta pikiran yang bisa berpotensi melelahkan hingga mengganggu kesehatan.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal akan memantau terus jamaah calon haji asal Kendal melalui pendamping- pendamping yang diikutkan dari Kendal. Dan mudah- mudahan mereka bisa menjadi haji yang mabrur dan diberikan kelancaran serta kesehatan sehingga bisa kembali ke tanah air dengan selamat,” ucap Dico.

Sekretaris Daerah(Sekda) Kendal, Sugiono mengatakan dari sejumlah jamaah calon haji Kabupaten Kendal yang bakal berangkat ada 176 orang dari aparatur sipil negara (ASN). Yang harapannya dapat berkoordinasi dengan pendamping untuk membantu dan juga memfasilitasi jamaah haji terutama yang usianya sudah tua.

“Tadi saya pesankan kepada PNS yang masih aktif, atau yang lebih muda untuk bisa membantu mendampingi para jamaah calon haji yang sudah tua atau sepuh- sepuh itu,” jelas Sugiono.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Kendal Mahrus, mengungkapkan jamaah calon haji Kabupaten Kendal yang akan berangkat ke tanah suci Makkah, usia paling tua yakni Duki kelahiran 16 Juli 1926 atau usia 97 tahun dari Desa Kalilumpang Kecamatan Patean. Dengan kondisi terakhir dinyatakan masih sehat.

“Jamaah calon haji yang termuda, atas nama Zahra Hafitasari warga Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan, lahir 7 Desember 2004 atau berusia 19 tahun. Sedangkan jamaah haji tertua berusia 97 tahun,”kata Mahrus. (bel/rf)