Mengaji (Mengasah Jati Diri) Menuju Jagadhita

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – (Bimas Hindu) Sejalan dengan apa yang menjadi program Direktif Menteri Agama, Bimas Hindu Jawa Tengah menyelenggarakan pembinaan umat Hindu untuk memberikan pembekalan pegetahuan tentang ajaran Hindu yang mengedepankan pada nilai-nilai Tatwa, Susila dan Upacara. “Tatwa adalah Pengetahuan ilmu yang harus dipahamai dan dipelajarai selama hidup, etika adalah perilaku kehidupan bermasyarakat sesuai dengan norma yang berlaku, sedangkan upacara adalah nilai tradisi kehinduan yang merupakan tidak bisa dipisahkan dari nilai tradisi dan budaya,” jelas I Dewa Made Artayasa pada Pembukaan Pembinaan Umat di Wonosobo, Sabtu (26/5)

Pembinaan Umat Hindu di ikuti oleh 40 (empat puluh) peserta dari Kabupaten Wonosobo, dihadiri oleh Pandita Dwijati Prawira Dharma Telabah dan Ketua satu Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Jawa Tengah Drs. Anak Agung Ketut Darmaja, M.Pd.H.

“Membangun kebersamaan dalam kehidupan seperti yang tersurat pada ajaran Hindu Wasu Dewa Kutum Bhakam,” kata I Dewa Made Artayasa.

“Menjaga kebersamaan untuk kedamaian adalah keniscayaan, karena kelompok terkecil dalam kehidupan adalah keluarga, kemudian tetangga maka kita sebagai umat Hindu harus memahami keberadaan tentangga sekitar kita bahwa mereka semua memiliki keyakinan yang berbeda dan mempunyai perilaku yang berbeda namun memiliki kesamaan ciptaaan Tuhan yang sama-sama hidup dalam satu kelompok besar yang disebut masyarakat. Harapan besar sebagai umat Hindu saling menghargai dan menghormati tetangga kita karena saudara terdekat kita adalah tetangga kita,” jelas I Dewa Made Artayasa.

Program Mengaji atau Mengasah Jati Diri Indonesia berbentuk forum dialog dengan tokoh agama atau tokoh masyarakat. Forum ini dibentuk untuk membicarakan berbagai hal yang berkembang di masyarakat. Terutama yang terkait dengan ke-Indonesiaan di tengah kompleksitas kehidupan yang semakin kompetitif. Ini merupakan salah satu dari 11 poin Program Direktif Menteri Agama yang harus dilaksanakan tahun ini. Untuk itu sangat penting untuk diimplementasikannya program tersebut.

“Mengaji (mengasah jati diri) Menuju Jagadhita mengedepankan pengetahuan untuk pengembangan keilmuan di masa kita hidup” ungkap I Dewa Made Artayasa.

Mengaji atau Mengasah Jati Diri Indonesia, merupakan salah satu program yang direkomendasikan pada Rakernas Pimpinan Kementerian Agama tahun 2018. Program ini didesain oleh Bimas Hindu dengan pelaksanaan Pembinaan Umat Hindu di daerah sebagai pembekalan dan pendampingan keumatan. (Wahonogol/sua)