Dialog Moderasi Beragama Tingkat Kabupaten Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan, Drs. H. Sukarno, M.M hadir bersama Kepala Badan Kesbangbol yang diwakili Kabid Kesatuan Bangsa, Drs. H. Subhan, M.Pd sebagai pemateri dalam kegiatan “Dialog Moderasi Beragama” yang diselenggarakan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pekalongan. (Kamis, 04 Agustus 2022).

Kegiatan yang dikuti tokoh lintas agama dilaksanakan di Rumah Kepasturan Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Tujuan diadakannya Kegiatan Dialog Moderasi Beragama tersebut adalah untuk menyamakan visi, misi dan pandangan serta platform terhadap pemahaman tentang Konsep Moderasi Beragama, khususnya bagi tokoh lintas agama di wilayah Kabupaten Pekalongan.

H. Sukarno dalam kesempatannya menyampaikan terkait visi dan misi Kemenag, batasan toleransi, urgensi moderasi beragama, penguatan pesan moderasi.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut mampu menciptakan suasana yang kondusif dalam bermasyarakat dan nyaman dalam beribadah.” kata H. Sukarno.

Kemenag Kabupaten Pekalongan menegaskan bahwa negara hadir untuk mengatur aktivitas keagamaan masyarakat. Tidak akan melakukan pembiaran terhadap kemunculan ormas-ormas yang menyimpang.

“Kita khawatir akan berdampak kepada generasi mendatang. Kalau ada ormas yang menyimpang di Kabupaten Pekalongan, maka segera perlu kita cermati. Jangan ada pembiaran, jangan sampai membesar. Harus segera bisa dipadamkan. Artinya kita redupkan dengan pendekatan dan mengembalikan paham yang bersesuaian dengan aturan negara.” tegasnya.

Adapun pemateri dari Badan Kesbangpol H. Subhan menyampaikan materi terkait Moderasi Beragama sebagai kunci membangun kerukunan umat beragama. (Ant/bd).