DMI Jateng Kukuhkan Pengurus Takmir Masjis Agung Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Masjid Agung Rembang menggelar Pengukuhan dan Penguatan Pengurus Takmir Masjid Agung Rembang dan Peresmian Gedung Serba Guna di Aula masjid lantai 2, Ahad (28/5/2023).

Sebanyak 47 pengurus dikukuhkan dan di baiat oleh Nadhir Masjid Agung Rembang, KH Drs Zakaria Al Anshori. Disaksikan Ketua DMI Jawa Tengah, Wakil Bupati dan beberapa pejabat jajaran Forkopimda Rembang juga perwakilan Penyuluh Agama Islam, baik dari Penyuluh Honorer dan Fungsional.

Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro, dalam sambutannya mengajak kepada pengurus baru agar memfungsikan masjid
untuk meningkatkan sumber daya manusia juga ekonomi umat. “Sudah saatnya masjid sekarang di fungsikan untuk sosial, yaitu ikut menurunkan kemiskinan dan meringankan beban berupa santunan anak yatim,” jelas Gus Hanis, panggilan akrabnya.

Ketua DMI Jawa Tengah, H Ahmad Rofiq, dalam ceramahnya menjelaskan visi misi masjid yakni mewujudkan fungsi masjid dalam memberdayakan dan memakmurkan masjid guna meningkatkan kesejahteraan jemaah dan masyarakat di lingkungan masjid.

Selain itu, tambahnya, pengurus harus peka terhadap jama’ah di lingkungan masjid. “Jangan membiarkan jemaah dalam keadaan fakir atau jemaah yang mendapat musibah, karena itu akan berakibat sangat fatal. Bisa melakukan pindah agama,” tambahnya.

Ia berharap, semua pengurus dalam pengelolaan masjid harus profesional. “Yang terpenting lagi harus terjalin komunikasi yang baik antara anggota jemaah masjid dan lingkungan masyarakat masjid,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Rembang, KH Atoillah Muslim, setelah dikukuhkan mengajak kepada semua pengurus baru, agar bisa menjalankan tupoksinya masing-masing.

“Pertemuan ini sengaja mengundang Penyuluh Agama, agar bisa menyampaikan ilmu yang telah di dapat dari sini, untuk di sebarluaskan kepada takmir masjid di lingkungan kecamatannya,” kata KH Atho’illah. — Gusman/iq/rf