Fun Learning, Siswa MIN 1 Rembang Belajar Beternak Kelinci

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang — Pembelajaran di luar kelas merupakan suatu hal yang sangat mengasyikkan, baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Hal ini dikarenakan selain dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna. Lebih dari itu pembelajaran di luar kelas juga akan membuat pikiran dan semangat belajar menjadi lebih meningkat.

Pembelajaran yang monoton tentu akan mudah membuat jenuh, sehingga dapat menurunkan minat dan semangat bagi peserta didik.
Seperti halnya pada kesempatan ini siswa-siswi kelas 5 Sains MIN 1 Rembang belajar beternak kelinci. Daningsih yang merupakan guru kelas 5 Sains memfasilitasi kegiatan ini. Kandang kelinci yang berada di area Green house digunakan untuk tempat belajar beternak kelinci. Kandang kelinci dibuat panggung.

Daningsih mengatakan, pembelajaran tidak melulu di dalam kelas. Belajar di luar kelas membuat siswa-siswi semakin semangat dalam mendengarkan penjelasan dan langsung dapat mempraktikkan cara beternak kelinci. Anak semakin banyak pertanyaan akan semakin banyak pengetahuan yang akan didapat. Mulai dari cara memberi makan, jenis makanan yang cocok untuk kelinci, cara merawat kelinci, merawat kandangnya. Siswa-siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran di luar kelas.

Sekitar 23 siswa-siswi dari kelas 5 Sains tersebut diberi pemahaman dan juga ilmu yang lebih mendalam tentang memelihara hewan kelinci yang benar dan baik. Mulai dari perawatan kelinci, kesehatan kelinci, makanan kelinci, serta jenis-jenis kelinci. “Dimana dalam kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang mengacu pada sistem pembelajaran yang bertema wira usaha,” jelas Fahimi selaku Kepala Madrasah di sela pembelajaran, Kamis (15/6/2023).

Menurutnya, di lokasi Green House siswa-siswi banyak belajar, tidak hanya di kelas saja, banyak pengalaman bagi guru mupun siswa. “Kita bisa menambah wawasan dalam dunia peternakan, selain itu ternak kelinci mempunyai masa depan yang cukup bagus dalam hal perawatan, sehingga ini merupakan ilmu yang bermanfaat bagi siswa-siswi di masa depan,” ujarnya.

Tidak sedikit siswa-siswi sangat semangat. Kegiatan belajar mereka sangat menyenangkan karena mereka menganggap kelinci hewan yang lucu. — yun/iq/rf