Hilal Tidak Terlihat, Jateng Gelar Tiga Titik Pelaksanaan Rukhyatul Hilal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Kabid Urais Kanwil Kemenag Prov. Jateng Zaenal Fatah saat melakukan pemantauan rukhyatul hilal

Semarang (Humas) – Di Jawa Tengah pelaksanaan Rukyatul hilal penentuan Awal Bulan Dzulhijjah 1444 Hijriah terdapat di enam titik yaitu Kota Semarang, Kab. Sukoharjo, Kab. Purworejo, Kab. Banyumas, Kab. Batang dan Kota Surakarta.  Hal ini disampaikan oleh Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kemenag Prov. Jateng Zainal Fatah.

“Pemantauan ini sebagai upaya kita untuk mengumpulkan serta memberikan data dukung guna menguatkan pelaksanaan sidang isbat. Apapun nanti keputusannya, menunggu kesepatan dari pusat,” ujar Zainal.

Berdasarkan pemantauan di Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang hilal masih belum terlihat.

“Ini merupakan pembuktian bahwa, karena belum terpenuhinya kriteria rukyat yang disepakati oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura)  yaitu tinggi hilal minimal 3 derajat dan Elongasi 6,4 derajat, sehingga hilal saat ini tidak terlihat,” kata Anggota Tim Hisab Rukhyatul Hilal Kemenag RI Slamet Hambali, Minggu (18/06).

Kondisi berawan di Kota Semarang menjadi kendala

“Ada beberapa kendala saat melakukan pengamatan. Kendalanya pertama terkait dengan posisi hilal tingginya masih sangat rendah, dalam hal tinggi berdasarkan pengamatan kita  baru 8 menit belum ada setengah derajat, dan elongasi juga belum terpenuhi. Kedua, berawan, tanpa ada awan pun dipastikan hilal tidak terlihat apalagi ada awan lebih tidak terlihat,” imbuh Slamet.

Rukyatulhilal kali ini merupakan salah satu rujukan dalam penetapan waktu Iduladha 1444 H.

Selain di Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatulhilal) awal bulan Zulhijah 1444 H/2023 M pada Ahad, 18 Juni 2023 M, bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah 1444 H di 99 titik di seluruh Indonesia.

Rukyatul Hilal Awal Bulan Zulhijjah kali ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Kemasjidan, Hisab Rukhyat dan Pembinaan Syariah pada Bidang Urais Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Perwakilan Pengurus Ormas, Jajaran Pengurus UIN Walisongo serta tamu undangan lainnya. (D/Rf)