081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Jawa Tengah Pengirim Jemaah Haji Terbanyak, Kakanwil Tegaskan Petugas Haji Harus Profesional dan Kompeten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad mendampingi Kabag Keuangan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI Sunaryo, membuka secara resmi Rekrutmen Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahap II Tingkat Kanwil Kemenag Prov. Jateng Tahun 1444 H/2023 M, Selasa (31/1) di MG Setos Hotel Kota Semarang.

Terkonfirmasi sebanyak 378 calon Petugas Haji Tahun 1444 H/2023 M mengikuti seleksi dengan semangat dan antusias. Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Tim Inspektoral Jenderal Kemenag RI Ahmadun.

Plt. Kabid PHU Fitriyanto menyampaikan bahwasanya seleksi hari ini memiliki 2 komponen yakni Computer Asisted Test (CAT) dengan bobot 40% serta wawancara yang berbobot 60%. Seleksi Petugas Haji Tahun 1444 H/2023 M di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng untuk mengisi formasi PPIH 86 Ketua Kloter, 86 Pembimbing Ibadah Kloter, 8 Pelayan Akomodasi, 5 Pelayan Konsumsi, 3 Pelayan Transportasi, 1 Pembimbing Ibadah, dan 1 SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadi).

Dalam sambutannya, dengan tegas Kakanwil Musta’in Ahmad sampaikan bahwa seleksi ini dilakukan untuk memastikan pelayanan haji tahun 1444 H/ 2023 M dapat berjalan baik dan sukses, serta menghantarkan para jemaah menjadi haji yang mabrur mabruroh.

“Selain itu, ini juga untuk mengejar target yang dicanangkan oleh Gusmen Indeks Kepuasan Haji (IKH) minimal bertahan, bahkan meningkat,” tutur Kakanwil.

Pada 2019 IKH mencapai 85.91 persen. Dua tahun tidak ada pemberangkatan, pada 2022 IKH meningkat pesat mencapai angka 90.45 persen.

“Perlu diingat, Jateng adalah salah satu pengirim jamaah terbanyak, jangan pasang niat berhaji lewat petugas. Kalau motivasinya salah mending mundur dari sekarang! Tetapi kalau kalian memang berkhidmat pada tamu-tamu Allah, niat membawa panji Kementerian Agama yang tegak dengan pelayanan yang prima khususnya pelayanan haji, maka berikhtiarlah melaksanakan seleksi ini. Doa saya menyertai anda sekalian,” imbuhnya. (ps/rf)